Rabu, 06 September 2017

Tips Cara Memiih Pelembab yang Tepat Sesuai Jenis Kulit Wajah


Pelembab atau biasa dikenal sebagai moisturiser adalah satu diantara item perawatan kulit yang harus dipakai sehari-hari untuk memperoleh kulit wajah yang halus, lembut, kenyal, serta ternutrisi. Selain itu, pelembab juga bisa menjaga kesehatan kulit kita. Nggak mau dong kita punya kulit yang kering kerontang :D sampai mengelupas. Nah, bagaimana cara memilih pelembab yang tepat sesuai jenis kulit wajah kita?

Biasanya sih karena udara yang dingin bisa menyebabkan wajah seseorang menjadi terasa kering, kasar, kusam, atau berkerak. Terlebih lagi kalau jenis kulit yang dimiliki memang tergolong kulit kering. Karena itulah maka pada akhirnya banyak orang yang berusaha mencari cara untuk melembabkan kulit mereka. Satu diantaranya yakni dengan menggunakan moisturizer atau pelembab wajah.

Pelembab wajah bekerja dan berrtindak sebagai pelindung yang dapat menjaga kulit agar selalu terhidrasi dan sehat, memperbaiki kulit yang kering, melindungi kulit sensitif, serta memperbaiki warna serta tekstur kulit.

Bila kamu masih tetap memikirkan bahwa pelembab cuma harus dimiliki untuk yang mempunyai kulit kering saja, jadi buang jauh pikiran itu. Tiap-tiap tipe kulit baik kulit berminyak, kering serta kusam, ataupun kulit sensitif juga butuh pelembab. Tetapi, kamu mesti milih pelembab yang sesuai tipe kulitmu. Beda kulit juga beda komposisi di dalam pelembab untuk tiap-tiap tipe kulit.

Sangat banyak produk perawatan yang tawarkan pelembab, tetapi mungkin kamu masih tetap kebingungan dalam memastikan pilihan pelembab mana yang pas untuk tipe kulit yang cocok. Pilih pelembab yang pas untukmu bergantung berbagai aspek seperti tipe kulit, umur, serta keadaan kulit seperti jerawat.

Tips Make Up untuk Kulit Wajah Berjerawat

Mau tahu bagaimana cara melembabkan kulit wajah yang baik? Yuk, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Kulit Berminyak 
Kulit berminyak dicirikan dengan kulit yang berjerawat. Meski telah berminyak, kulit tipe ini terus membutuhkan pelembab meski sudah coba untuk kurangi minyak dengan sabun cuci muka atau facial wash. Pelembab untuk kulit berminyak serta berjerawat baiknya diambil yang non-comedogenic yang berarti tak menutupi pori-pori kulit. Pelembab ini bermanfaat untuk menyeimbangkan kelembapan kulit. Juga lebih enak jika bentuknya hydro atau mirip air bukan yang cream.

Kulit Sensitif 
Kulit sensitif dicirikan dengan kulit yang kemerah-merahan, iritasi kulit, munculnya ruam pada kulit serta merasa gatal. Umumnya untuk tipe kulit ini sulit untuk mencari pelembab yang cocok. Jauhi pelembab yang memiliki kandungan beberapa bahan yang menyebabkan munculnya alergi seperti asam, pewarna dan pewangi. Pelembab untuk kulit sensitive sebaiknya memiliki kandungan beberapa bahan seperti chamomile, lidah buaya.

Aging Skin 
Makin bertambahnya umur, jadi kulit juga makin menua hingga kita masih harus melindungi serta menjaga kulit. Umumnya kulit akan jadi makin kering lantaran produksi minyak oleh kelenjar sebum makin menyusut. Untuk melindungi agar kelembapan terus terjaga, pelembab yang pas untuk melawan penuaan ialah oil-based moisturizer yang diperkaya dengan antioksidan untuk membantu mengatasi kerutan di wajah. Kecuali itu, carilah pelembab yang memiliki kandungan SPF (Sun Protection Factor) atau Sunscreen untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang bisa bikin kulit Anda jadi makin kering.

Kulit Kering 
Tipe kulit ini harus memakai pelembab supaya kelembapan kulit Anda terus terpelihara. Pakai pelembab yang memiliki kandungan minyak karenanya amat bermanfaat untuk tipe kulit yang kering. Kecuali itu, pelembab untuk kulit kering baiknya diambil yang memiliki kandungan antioksidan, minyak biji anggur untuk menolong menghidrasi kulit. 

Kulit Menua
Kulit akan cenderung lebih kering seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Hal ini disebabkan oleh semakin berkurangnya produksi minyak. Maka dari itu, carilah produk pelembab berbasis minyak yang memiliki kandungan seperti petrolatum, antioksidan, atau Alpha Hydroxy Acids (AHA) untuk mengatasi kulit keriput.

Nutrisi Kulitmu dengan Redwin Sorbolene Moisturiser


Kulit Normal
Meski masuk dalam kategori kulit normal, tetap saja harus memakai pelembab. Untuk pemiliki kulit yang normal, maka usahakan untuk memilih pelembab yang berbahan dasar air yang tidak terasa berminyak serta memiliki kandungan minyak ringan atau turunan silikon seperti cyclomethicone.

Di bawah ini berbagai tips yang perlu kalian cermati sebelum beli pelembab, diantaranya :

Belajar pada Pengalaman
Tentukan pelembab yang sesuai untuk tipe kulit serta carilah pelembab yang bisa membuat kulit terlihat lebih lembut. Untuk tahu pelembab yang cocok mungkin saja dapat coba berbagai brand dulu saat sebelum temukan formula pelembab yang jitu untuk tipe kulit.

Membuat perlindungan Kulit dari Paparan Cahaya UV
Carilah pelembab yang memiliki kandungan sunscreen. Jadi kecuali dapat melembabkan kulit pula bisa menolong membuat perlindungan kulit dari paparan cahaya UV.

Tak Butuh Beli Buatan yang Paling Mahal
Buatan dengan harga yang paling mahal belum pasti pas untuk kulit Anda. Pastikan pelembab yang aman, pas, serta jitu untuk kulit Anda.

Cara melembabkan Kulit Wajah

Cara mengoleskan atau cara melembabkan kulit wajah ternyata tidak bisa sembarangan. Ada tahap-tahap yang sebaiknya dilakukan agar pelembab bekerja dengan maksimal di kulit Anda. Apa sajakah itu?


  1. Cuci wajah. Bersihkan kulit dengan air bersih dan sabun wajah untuk membersihkan dan menghapus riasan, kotoran, serta keringat yang menumpuk.
  2. Oleskan pelembab segera setelah wajah dibasuh dan masih lembab. Alias tidak lebih dari 2-3 menit setelah wajah dicuci. “Pelembab akan membantu mengunci air dan terserap kulit dengan lebih baik," ujar seorang ahli kecantikan.
  3. Usapkan sejumput pelembab ke pipi, dahi, dagu, dan hidung dengan tangan dan jari yang bersih. Ini berguna untuk mencegah masuknya kotoran dan bakteri, serta penyumbatan pori-pori.
  4. Pijat wajah agar pelembab rata dan terserap sempurna di kulit.
  5. Tunggu sebentar agar pelembab kering dan terserap kulit sebelum mengaplikasikan make-up.

Cara Memilih Foundation yang Tepat

Jangan mengoleskan pelembab terlalu banyak atau terlalu sedikit. Mengapa? Jika terlalu banyak, kulit akan terlihat mengkilap dan terasa berat, menyebabkan jerawat, dan membuat Anda kesulitan untuk mengaplikasikan makeup. Sedangkan jika terlalu sedikit, kulit akan merasa kencang, kering, pecah-pecah, dan terlihat kusam. Jika memakai pelembab yang sesuai dengan jenis kulit, sebiji kedelai saja sudah cukup untuk dioleskan ke seluruh wajah.

Baik, semoga tips di atas bisa membantu kalian mengetahui cara memilih pelembab yang tepat sesuai jenis kulit.


4 komentar :

  1. baru tau kalau beda jenis kulit beda pelembabnya ya mbak, selama ini malah asal pakai pelembab aja :D

    BalasHapus
  2. merk yg bagus untuk kulit berminyak apa ya mbak? Aku pake ponds kok rasanya gak cocok :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak aku juga tipe berminyak, coba pakai yang berupa air bukan cream biar nggak tambah berminyak, kalo aku pakai aloe vera hydrating punya wardah, sejauh ini aman aja sih.

      Hapus