Selasa, 17 September 2019

7 Rekomendasi Kuliner Surabaya Legendaris yang Wajib Dicoba

kuliner Surabaya

Indonesia tidak akan pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Sudah terkenal akan kekayaan alamnya, Indonesia juga memiliki keberagaman di bidang kuliner. Setiap daerah mempunyai makanan khas masing-masing. Makanan Indonesia selalu identik dengan cita rasa yang menggugah selera karena kombinasi bumbunya yang kaya rempah. Karena itulah makanan Indonesia juga digemari wisatawan asing. Salah satunya kuliner Surabaya yang legendaris masih ada hingga saat ini.

Surabaya sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia tak ketinggalan hadir dengan kuliner khasnya. Ibu kota Jawa Timur ini memiliki berbagai jenis menu kuliner legendaris yang terkenal. Uniknya, kuliner di Surabaya memiliki cita rasa yang beragam akibat banyaknya pendatang dari daerah lain. Beberapa jenis kuliner tersebut berpadu menghasilkan sebuah rasa yang mungkin tidak akan bisa Anda temukan di daerah lain. Makin tidak sabar ngin mengeksplor kekhasan kuliner kota pahlawan ini?

Lontong Kupang


Memiliki nama Lontong Kupang, bukan berarti makanan ini berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Lontong Kupang adalah kuliner Surabaya asli. Makanan ini juga bisa ditemui di daerah sekitar Surabaya seperti Sidoarjo dan Pasuruan. Nama kupang disematkan karena memang menu ini menggunakan bahan kerang kupang. Kupang atau yang juga sering disebut kerang putih merupakan adalah jenis hewan laut yang berukuran kecil yaitu seukuran biji beras.

Kupang kemudian dimasak dan ditambahkan bumbu petis dan disajikan bersama lontong. Es degan atau air kelapa muda sebagai pelengkap menu ini dipercaya oleh masyarakat sekitar bisa mengobati berbagai keluhan penyakit. Perpaduan ini menurut saya menciptakan rasa nikmat yang sayang buat dilewatkan saat berkunjung ke Surabaya.

Lontong Balap


Menurut sejarah, dulu para penjual makanan ini berebut pembeli dengan cara berjalan cepat menuju pos terakhir di Pasar Wonokromo. Jalan cepat ini yang dalam bahasa Jawa disebut balapan. Sehingga makanan ini disebut dengan nama Lontong Balap. Dulunya kuliner Surabaya ini dijual dalam wadah tanah liat besar yang disebut kemaron.

Dalam seporsi Lontong Balap terdiri dari ontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal dipadu kuah segar. Saya menyukai taoge yang melimpah di menu ini karena memberikan kesan segar. Es degan juga menjadi minuman wajib yang sangat cocok menyertai menu ini. Bagi saya, kombinasi Lontong Balap yang nikmat dan es degan yang segar sangat cocok disantap saat waktu makan siang.

Rawon


Menurut saya kurang lengkap rasanya jika ke Surabaya tanpa menikmati kuliner khasnya yang satu ini. Rawon dibuat dari daging sapi dengan kuah hitamnya yang bercita rasa khas. Meskipun makanan ini dikenal sebagai kuliner Surabaya asli, namun kita juga bisa menemuinya di daerah lain seperti Jawa Tengah. Di luar negeri, Rawon dikenal dengan sebutan black soup karena tampilannya.

Dalam bumbu rawon, ada campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunyit dan kluwek. Bumbu yang telah dihaluskan ini kemudian ditumis dan dimasukkan dalam kaldu daging sapi. Rawon biasanya disajikan bersama nasi hangat dengan taburan taoge segar di atasnya. Sebagai pelengkap ada daun bawang, kerupuk udang dan sambal bagi yang suka pedas.

Rujak Cingur


Ada banyak jenis rujak dan salah satu yang paling ternama adalah Rujak Cingur. Rujak Cingur telah dikenal sebagai kuliner Surabaya yang legendaris dan masih banyak disukai hingga sekarang. Dalam bahasa Jawa, cingur berarti mulut atau moncong sapi. Mulut atau moncong sapi inilah yang menjadi bahan dasar menu Rujak Cingur.

Rujak lain hanya berisikan berbagai jenis sayuran segar dengan rasa yang umum. Sedangkan dalam seporsi Rujak Cingur, saya bisa merasakan rujak dalam rasa yang lebih khas karena ada bahan mulut sapinya. Menurut saya, rasa mulut sapi dalam Rujak Cingur tidak berlebihan karena telah berpadu dengan bahan lain dan saus kacang yang nikmat. Akan semakin nikmat rasa Rujak Cingur jika dinikmati dengan kerupuk udang.

Tahu Campur


Tahu campur juga merupakan kuliner Surabaya yang berisikan bahan segar dengan siraman kuah yang khas. Kuah khas dalam menu Tahu Campur ini sering disebut dengan nama kuah sandung lamur. Kuah sandung lamur merupakan kuah dari hasil rebusan daging sapi has dalam yang berwarna putih. Tahu Campur diracik dengan irisan tahu putih, taoge, mie kuning dan selada. Makanan ini banyak disajikan oleh pedangan kaki lima, tapi menurut saya rasanya sama sekali tidak murahan.

Sate Klopo


Kuliner Surabaya juga punya menu sate yang unik, namanya Sate Klopo. Sate umunya berupa daging yang ditusukkan pada tusuk bamboo dan kemudian dibakar dengan bumbu tertentu. Sate Klopo memiliki perbedaan yang menurut saya membuat rasa sate ini lebih gurih dibanding jenis sate lainnya. Ternyata sate ini ditaburi parutan kelapa di atas dagingnya sebelum dibakar. Dari sinilah asal nama Klopo yang berasal dari bahasa Jawa kelopo yang berarti kelapa.

Pecel Semanggi

pecel semanggi
Menu pecel memang sudah dikenal sebagai makanan khas Jawa Timur. Beberapa daerah di Jawa Timur memiliki menu pecel khas masing-masing. Menu pecel yang sedikit berbeda adalah Pecel Semanggi dari Surabaya ini. Kuliner Surabaya ini menggunakan daun semanggi sebagai bahan dasarnya. Penyajiannya sama seperti pecel pada umumnya yaitu dilengkapi dengan taoge dan siraman saus kacang beserta kerupuk beras. Rasa segar daun semanggi menurut saya sangat nikmat berpadu dengan saus kacang dengan sedikit rasa pedas.

Itulah tujuh jenis kuliner Surabaya yang legendaris. Menu makanan tersebut sudah ada sejak masa lampau dan masih bertahan hingga sekarang. Saya sarankan Anda untuk tidak terlewat mencicipinya saat ke Surabaya. Dijamin Anda akan merasakan pengalaman kuliner tak terlupakan karena kelezatan makanannya.

15 komentar :

  1. Dari dulu penasaran dengan yang namanya rujak cingur. Katanya beda dengan rujak umumnya. Sayangnya di kotaku belum ketemu menu yang satu ini. Doakan aku bisa jalan-jalan ke Surabaya ya mbak. Pengen makan rujak cingur khas Surabaya🙂

    BalasHapus
  2. Dari tujuh kuliner di atas aku kepo ni sama Sate Klopo sama Lontong Kupangnya. Di Indonesia, kalau dikumpulin semua jenis lontong se-Nusantara sepertinya buanyaaak banget, ya.

    BalasHapus
  3. Lontong balap, Rujak cingur, dan Rawon yang pernah kucoba. Yang lainnya akan ku coba kalau nanti ke Surabaya lagi :)

    BalasHapus
  4. Huaaaah....jadi kangen Surabaya. Saya suka semua menu di atas. Terutama rujak cingur.

    BalasHapus
  5. Auto lapeer... 🤤

    Rata rata menggunakan tauge sebagai salah satu bahannya ya...

    Penasaran sama yang pakai kerang...

    Semoga suatu hari nanti bisa kulineran di Surabaya... 🙏🥰

    BalasHapus
  6. Rujak cingur yg bikin mulut ngeces sob,
    masakan suroboyo yg terbaik hehe

    BalasHapus
  7. Terlafff semua, dulu lidahku asing dengan kuliner khas surabaya, lama2 ketagihan. Apalagi rujak cingur hmmm

    BalasHapus
  8. Duh semuanya bikin ngiler abis.. tapi yg paling enak kayanya lontong kupang.. sayang bgt pas ke Surabaya wktu itu nggak nyobain

    BalasHapus
  9. Suka sama rujak cingur. Lontong balap sama lontong kupang sekilas sama seperti kupat tahu kalau di Bandung. Pernah cobain rawon, enak juga dan kaya rempah.

    BalasHapus
  10. Baca postingan ini beneran bikin laper deh kak. Beneran, berasa pengen icip kuliner surabaya yang disebutkan di atas. Apalagi rujak cingurnya karena sekarang emang lagi ngidam banget pengen makan rujak😀

    BalasHapus
  11. Kulinernya enak-enak semuanya. Sudah ada yang pernah di coba sih, tapi masih ada yang belum. Jadi penasaran juga nih.

    BalasHapus
  12. Aku jadi laperr
    Kuliner Suroboyo memang juwara. Dan kalau mau bikin sendiri di Jakarta beberapa ga ada bahannya, kayak kupang, semamnggi...dan petis buat rujak meski ada tapi gak seenak yang di Surabaya.
    Duh jadi pengin ke Surabaya...

    BalasHapus
  13. Wah... postingannya bikin ngiler. Yang namanya rujak cingur sangat familiar sejak lama, tapi baru familiar sama namanya aja, kalo rasa belum pernah nyoba.

    BalasHapus
  14. Waaa ak gajadi dong k Surabaya nya haha. Cuma sampe Malang dan itupun sehari aja. Yg bikin kangen dari Sub adalah lontong kupang, sate klopo dan pecel semanggi nya mba. Duh kah jadi ngiler aku haha

    BalasHapus
  15. Wahh, dari menu di atas yg belum aku cobain sate klopo dan pecel semanggi. Duh, kalau mampir ke Surabaya lagi mesti cobain nih

    BalasHapus