Jumat, 06 Desember 2019

Tampil Cantik dengan LAKME 9 To 5 Reinvent Primer+Matte Cushion Foundation [Shade 03]



Kecantikan paripurna memang dapat ditentukan oleh beberapa faktor, bisa dari eyeshadow yang cetar membahana, bisa dari blush-on yang nampol banget, atau dari alis yang super badai. Tapi, kalau aku kunci makeup yang bagus terdapat pada complexion-nya. Kalau dasar makeup bagus maka semuanya bisa mengikuti. Nah, kebetulan banget aku disuruh cobain LAKME 9 To 5 Reinvent Primer+Matte Cushion Foundation saat acaranya LAKME dan Indonesia Female Blogger (IFB) di Surabaya, minggu lalu.

Setelah mencoba shade 1-6, akhirnya aku memilih shade yang menurutku cukup pas di skintone kulitku yaitu nomor 03 Medium Honey. Aku langsung jatuh hati sama Cushion dari LAKME ini karena emang bisa bikin kulit flawless dan coverage-nya cukup bagus. Seperti apa performa dari cushion yang satu ini? Oke, aku akan kupas satu per satu.

  • Packaging


Bisa kamu lihat sendiri, packaging LAKME 9 To 5 Reinvent Primer+Matte Cushion Foundation ini sangat elegan dan terlihat seperti high quality. Aku suka banget produk yang punya packaging niat kayak gini. Warnanya glam rose gold menyala membuat terlihat modern dan kekinian.

  • Puff Aplikator

Selain dilengkapi dengan cermin, Cushion ini juga sudah dilengkapi aplikator yang super empuk. Menariknya, puff-nya berwarna hitam dan aku suka daripada warna terang yang bikin terlihat kotor. Buat kamu hati-hati saat mengambil produk, karena warnanya hitam sehingga kadang enggak terlihat kalau produk yang terambil sudah cukup banyak. Pernah aku tap lagi ke produknya karena kupikir belum terambil sempurna, tapi eh ternyata pas diaplikasikan ke wajah bisa untuk di-blend ke seluruh muka dong.

  • Tekstur



Tekstur dari produk ini enggak terlalu cair, menurutku masih cukup pekat sehingga mampu menciptakan coverage yang bagus. Selain itu, cushion ini sangat mudah di-blend dan cepet menyatu dengan kulit.

  • Aroma


Hampir enggak ada aroma aneh yang aku cium saat menggunakan cushion ini. Tentu hal ini jauh lebih bagus ketimbang ada aroma terlalu menyengat yang bikin hidung terasa tertusuk. Mungkin ada aroma super soft tapi menurutku enggak ada masalah.

  • Cara Pakai

Sama halnya dengan Cushion pada umumnya, cara pemakaiannya yakni dengan ditap-tap ke seluruh permukaan kulit wajah. Jika dirasa coverage masih kurang, kamu bisa build-up satu layer lagi.

KLAIM PRODUK

Cushion dari LAKME ini mengklaim beberapa hal yang bikin aku langsung penasaran dengan performa produk yang satu ini. Nah, beberapa hal yang disebutkan di belakang packaging-nya sebagai berikut.

  • Velvet Matte Finish


Hasil akhir dari cushion ini matte tapi enggak yang bikin kering. Dalam penggunaan lama misal sudah 4-5 jam hasil di aku akan muncul crack di smile line tapi sangat tipis. Cara mengakalinya yaitu bisa dengan pemakaian pelembap sebelum menggunakan LAKME 9 To 5 Reinvent Primer+Matte Cushion Foundation. Aku suka banget dengan hasilnya yang enggak dewy seperti cushion kebanyakan. Ketakutanku dalam produk jenis cushion yaitu bakal jadi kilang minyak di bagian hidung dan dahi. Tapi, si LAKME ini meski lembap tapi bisa mengunci kulit aku yang oily.

Aku menambahkan setting powder setelah penggunaan cushion ini hanya di bagian T-zone untuk antisipasi minyak berlebih. Buat yang kulitnya kering sebenarnya hal ini enggak perlu dilakukan.

  • Long Wear

Aku sudah pernah pakai LAKME Cushion Foundation ini dari siang sampai sore dan hasilnya tetep stay di mukaku. Sejauh ini bisa tahan hingga 7 jam pemakaian berdasar pengalamanku. Mungkin di kulit kalian bisa jauh lebih lama atau lebih pendek jangka waktunya. Tapi, menurutku dengan ketahanan lebih dari 5 jam itu sudah bagus banget untuk ukuran cushion.

  • High Coverage

Saat acara Makeup Class bareng LAKME dan Indonesian Female Blogger, kebetulan saat itu di pipi kananku ada bekas jerawat. Kalian bisa lihat dengan 2 layers aku bisa meng-cover bekas jerawat tersebut pakai Cushion dari LAKME ini. Bekas jerawatku bisa tersamarkan meski saat itu aku enggak pakai powder tipis-tipis saja. Menurutku coverage-nya medium dan masih bisa dibuild-up sampai coverage yang kita inginkan.

  • SPF 30 PA+

Selain sudah mengandung primer dan foundation, ternyata “Cushion serbaguna untuk wanita serba bisa” ini juga sudah mengandung SPF yang mana sangat penting banget buat melindungi kulit wajah kita dari sinar UVA dan UVB. Ibaratnya sudah paket komplit buat kandungan di dalamnya.

MAKEUP CLASS BARENG LAKME DAN IFB



Sebelumnya aku sudah cerita kalau LAKME 9 To 5 Reinvent Primer+Matte Cushion Foundation ini aku dapatkan saat acaranya LAKME yang menggandeng IFB. Dalam acara ini, aku banyak belajar lagi soal pengaplikasian makeup dengan Mbak Upay (Manajer LAKME) dan Madam Yonna (Founder IFB yang juga MUA Profesional).


Kalau bicara soal makeup, memang teknik setiap orang bakal beda-beda dan akan menghasilkan look yang berbeda pula. Sehingga enggak ada salahnya jika kita mengosongkan gelas dulu buat diisi dengan ilmu baru. Saat Makeup Class di Noach Cafe and Bistro, Mbak Upay memberikan beberapa tips yang sangat bermanfaat, antara lain:

  1. Clearing atau pembersihan muka wajib dilakukan sebelum ritual makeup
  2. Warna-warna makeup, misal lipstik akan menentukan mood seseorang. Jadi, bukan hanya asal pilih warna.
  3. Penggunaan skincare sebelum bermakeup juga penting seperti sunscreen, pelembap, serum, atau essense.
  4. Saat menggunakan Cushion, kita bisa mengakali dengan memainkan puff aplikator untuk daerah-daerah tertentu dengan melipat puff atau membaliknya.
  5. dan masih banyak tips berfaedah lainnya


Look yang aku buat saat Makeup Class LAKME X IFB full memakai semua produk-produk LAKME mulai Cushion, Loose Powder, Blush On, Mascara, Eyeliner, Pensil Alis, dan Crayon Mini Matte. Aku suka juga sama Crayon Mini Matte warna terbaru mereka. Selain melembapkan, juga mudah banget buat bikin gradien lips. Kira-kira seperti gambar di bawah ini look yang aku bikin. Kalian bisa lihat bekas jerawatku tercover meski cuma pakai Cushion.

Hasil Makeup Class LAKME X IFB

+ High Coverage
+ Enggak oksidasi jadi warna tetap saat pertama pakai
+ Sudah mengandung Primer
+ Ada SPF 30 PA+
+ Tahan lama
+ Sangat ringan, kayak enggak pakai apa-apa
+ Mudah banget di-blend
+ banyak range shade (1-6)

- isinya sedikit hanya 15 gram, kalau bisa ada yang agak banyak biar agak lama habisnya

Harga: Rp120.000,- - Rp179.000,-

Selain dapat Cushion, LAKME juga kasih oleh-oleh Primer yang katanya bagus banget dan Kurtet Eyeshadow yang juga udah aku cobain saat Makeup Class. Warnanya natural dan cantik-cantik. 

Isi goodie bag dari LAKME


Keseruan Foto Bareng Madam Yonna

Oke, demikian cuap-cuap dan review LAKME 9 To 5 Reinvent Primer+Matte Cushion Foundation berdasarkan pengalamanku. Semoga bermanfaat ya, guys. Anyway, kalian sudah pernah coba Cushion apa saja nih, dan enak mana pakai Cushion atau Foundation? Tulis di kolom komentar di bawah ya.





4 komentar :

  1. Pengalaman pertamaku dengan Cushion adalah membeli cushion Silky Girl, dan kurang memuaskan. Pasalnya, shades yang ditawarkan kurang cocok denganku, sehingga aku merasa harus melapisinya lagi dengan bedak. Akibatnya aku jadi merasa melakukan pengeluaran ekstra.

    Aku sudah mencoba cushion Lakme ini, dan aku merasa cushion ini memperbaiki sedikit impresiku terhadap cushion pada umumnya. Harganya tidak mahal, mungkin karena memang massanya cuma 15 gram. Shade-nya tersedia yang cocok untukku. Jadi aku suka.

    Aku tidak keberatan kalau massanya cuma 15 gram. Kuduga ini memang ditujukan untuk pengguna cushion pemula, supaya kalau merasa tidak cocok ya beli lagi shade yang lain. Mayoritas orang memang masih dalam transisi dari pengguna foundation menjadi pengguna cushion, jadi kurasa ini masih era perkenalan dulu sebelum produsen make up membuat cushion yang massanya lebih besar daripada 15 gram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Vicky. Alhamdulillah-nya ada kemasan Refill buat stok lagi dan lagi jadi enggak perlu beli cushion utuhnya beli isiannya aja.

      Hapus
  2. Baru ngeh range harga cushionnya jauh amat yak 😂 Hampir 50rb sendiri, itu dijual dmn kah?

    Setauku Lakme pny Shopee Mall, harganya mestinya standar sih di situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau udah masuk online shop harganya beda-beda, pinter-pinter kita cari yang sesuai kantong. Tapi amannya emang beli di Counter atau di Official resminya LAKME Kak

      Hapus