Kamis, 21 Mei 2020

6 Hal Sepele ini Jadi Godaan Terbesar Selama Berpuasa


Saat menjalankan ibadah puasa, semua umat Muslim akan berusaha menahan berbagai godaan yang dapat membatalkan puasa. Secara umum, banyak orang sangat menyadari kalau berpuasa dilarang makan, minum, dan melakukan hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak sahur hingga berbuka.
Selain itu, agar puasamu lebih afdol, kamu juga harus menahan diri dari berbagai godaan yang tanpa sadar dapat dilakukan. Berikut godaan saat berpuasa tanpa disadari yang dapat membuat ibadah puasamu kurang afdol.

1. Godaan dari Media Sosial

sumber: loop.co.id

Puasa di rumah tentu dapat membuatmu merasa jenuh dan bosan. Untuk mengurangi rasa bosan, seringkali kamu membuka media sosial dengan tujuan melihat beranda dan berita yang sedang tren saat ini. Namun, media sosial merupakan ruang publik yang tidak bisa dikendalikan, sehingga banyak orang bebas memosting apa saja, termasuk makanan.

Saat puasa seperti sekarang, tentu tidak jarang ditemui postingan foto makanan yang cukup menarik dan membuat lapar. Hal ini merupakan salah satu godaan terbesar selama berpuasa, meskipun terlihat sepele. Bagi orang yang kuat menahan godaan, pasti merasa biasa saja. Namun tidak jarang postingan foto makanan dapat membuat seseorang membatalkan puasanya.

2. Mulut yang selalu Ingin Bergosip



Saat melakukan PSBB seperti sekarang ini, tidak jarang banyak orang melalukan komunikasi dengan kerabat maupun teman dekat. Hal ini bertujuan agar menjaga diri tetap berpikir positif dan menjaga silaturahmi. Namun sayangnya, tidak jarang komunikasi yang awalnya sekadar bertanya tentang kabar dapat berubah menjadi tempat untuk ngomongin orang.

Kegiatan bergosip memang tidak langsung membuat puasa batal seperti saat makan atau minum secara sengaja. Namun membicarakan orang lain atau gosip merupakan godaan terbesar selama berpuasa yang membuat puasa menjadi sia-sia dan dapat mengurangi pahala. Pastinya kamu tidak mau dong, puasa hanya menahan lapar aja tanpa mendapat pahala? Yuk mulai kurangi membicarakan orang.

3. Sedang Berpuasa, Ada Aja yang Bikin Emosi

sumber: popmama.com

Saat berpuasa, seseorang harus mampu menguasai diri agar tidak mudah emosi. Nah, kadang masih banyak sebagian orang yang lupa untuk mengontrol diri sehingga menjadi mudah marah. Salah satu hal sepele yang dapat menjadikan emosi yaitu internet secara tiba-tiba lemot saat digunakan streaming film favorit maupun kegiatan yang lain. Meskipun terdengar sederhana, namun internet lemot juga menjadi salah satu godaan terbesar selama berpuasa lho.

4. Selalu Ingin Tidur Seharian

sumber: faktualnews.com

Tidur saat puasa adalah ibadah. Namun alih-alih menjalankan ibadah, sebagian orang seringkali menyalahgunakan kalimat tersebut. Kurang tidur saat malam hari karena menonton film maupun mengerjakan tugas hingga larut menjadi salah satu alasan melanjutkan tidur usai subuh, bahkan hingga siang hari. Selain itu, dehidrasi karena kurangnya minum juga menyebabkan badan lemas sehingga tidak bisa jauh dari tempat tidur. Yuk mulai sekarang kurangi bermalas-malasan ya.

Agar terhindar dari rasa malas, kamu dapat mengatur pola tidur dan melakukan kegiatan menyenangkan di siang hari. Sehingga tidak ada niatan untuk bermalas-malasan selama berpuasa.

5. Berkumur Saat Wudhu

sumber: trubus.id

Di hari biasa, berkumur saat wudhu dapat dilakukan sekali apabila terburu-buru. Namun momen berkumur saat wudhu menjadi salah satu momen yang ditunggu saat menjalankan ibadah puasa dan tanpa disadari hal ini merupakan godaan terbesar selama berpuasa. Karena kewajiban berkumur dalam wudhu yang biasanya sebanyak tiga kali, tidak jarang akan dilebihan dengan alasan agar terasa lebih bersih.

Bahkan meskipun belum masuk waktu salat pun, tidak jarang yang selalu ingin berkumur. Syukur apabila tanpa sengaja menelan air, dapat mengurangi rasa haus saat berpuasa. Bagi kamu yang masih melakukan hal tersebut, yuk hindari kebiasaan berkumur secara berlebih.

6. Iklan Sirup yang Bermunculan

sumber: YouTube

Iklan sirup sering ditayangkan saat menjelang bulan Ramadan. Iklan sirup dianggap cukup mengganggu apabila sering ditayangkan saat siang hari di bulan puasa. Namun, tidak jarang banyak orang yang menunggu iklan sirup sambil membayangkan segarnya berbuka dengan aneka sirup berwarna-warni. Hal inilah yang menjadi godaan terbesar saat berpuasa, meskipun terlihat sepele.

Di bulan Ramadan seperti sekarang, banyak hal terlihat sepele namun merupakan godaan terbesar selama berpuasa yang berakibat pembatalan puasa apabila kurang kuat menahan hawa nafsu. Meskipun di rumah, yuk lakukan kegiatan menyenangkan dan positif yang membuatmu melupakan sejenak rasa lapar dan haus saat berpuasa.

0 komentar :

Posting Komentar