Selasa, 05 Mei 2020

Bosan di Rumah? 6 Kegiatan Selama WFH Ini Bisa Bebasin Stres!



Berdiam diri di rumah memang cukup sulit dilakukan dalam waktu yang lama. Terlebih buat kamu yang seorang ekstrovert dan suka kehidupan outdoor seperti traveling, kumpul bareng teman, atau sering melakukan event-event di luar rumah. Namun, bukan tidak mungkin kamu menjadi betah di rumah dalam waktu sebulan, bahkan lebih dengan manajemen kegiatan selama WFH

Membuat kegiatan yang biasa menjadi menyenangkan adalah salah satu solusi agar kamu betah di rumah. Bagaimana caranya? Banyak hal yang bisa diubah semakin seru jika kamu memang mau mengeksplorasi dan kreatif dalam mengolah waktu selama di rumah saja. Agar tidak stres, berikut ini daftar kegiatan yang mungkin bisa jadi pilihanmu.

1.   Makan Siang Virtual dengan Teman 



Memang tidak salah jika kebiasaan lama  itu susah ditinggalkan. Sama halnya dengan kebiasaan kamu yang sering menyita waktu makan siang bersama teman dekat. Selama WFH (Work From Home) ini akan membuat kerinduan tersendiri, ditambah kamu tak bisa keluar rumah meski hanya untuk nongkrong dan makan siang bareng.

Agar bisa menghilangkan rasa rindu makan bersama teman-teman kantor, kampus, atau sahabat kamu, cobalah merencanakan makan siang bersama lewat video call. Caranya mudah sekali, kamu tinggal mengatur rencana dan invite teman-teman ke dalam room untuk makan siang bersama. Siapkan juga topik obrolan yang seru biar acara makan siang virtual kamu menjadi menyenangkan. 

2. Memanjakan Diri dengan Skincare 


Salah satu cara memanfaatkan waktu ketika di rumah yaitu merawat dan memanjakan diri dengan semaksimal mungkin. Jika biasanya kamu melakukan perawatan di klinik kecantikan, cobalah merawat diri secara mandiri misal mencoba berbagai skincare terbaru. Jadi, biar semakin cerah dan glowing, kamu bisa memanfaatkan momen bekerja di rumah ini sambil memakai masker wajah atau luluran saat masuk jam istirahat. 

3. Jadi Freelancer untuk Dapat Uang Tambahan



Jika biasanya sulit memanajemen waktu antara kerja di kantor dan freelancer-an. Saat masa WFH ini kamu bisa lebih mudah membagi waktu. Ketika WFH energi yang tersisa setelah selesai bekerja bisa dimanfaatkan untuk menjadi freelancer. Tentu saja macet-macetan di jalan dan acara lembur sudah tidak ada sehingga kamu bisa lebih fleksibel. Jika kamu fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, maka kamu pun bisa menyelesaikan pekerjaan freelance-mu.

Ketahui Cara Atasi Kerugian Bekerja di Rumah


4. Jalin Silaturahmi ke Orang-Orang yang Jarang Kamu Temui

sumber: pixabay.com
Jika sebelumnya kamu disibukkan dengan pekerjaan kantor sampai lupa menyapa teman-teman jaman kuliah atau kerabat jauh, sekarang tidak lagi. Untuk mengisi kegiatan selama WFH kamu bisa mengambil waktu istirahat di sela-sela pekerjaanmu untuk video call dengan teman-teman yang jarang kamu sapa. Siapa yang tidak senang dihubungi kawan lamanya lagi?

5. Coba Ikutan Kursus Online

sumber: pixabay.com

Selama masa pandemi ini semakin banyak pihak yang membuka webinar atau kursus online baik secara gratis maupun berbayar. Daripada kamu di rumah hanya menjadi ‘kaum rebahan’, lebih baik mencoba menggali ilmu bersama orang-orang baru yang tentunya akan jauh bermanfaat. 

Kamu bisa memilih jenis kursus sesuai dengan passion dan minat. Seperti kursus editing naskah, coding untuk pemula, desain grafis, menulis dari rumah, atau kelas memasak dan makeup. Dijamin ketika masa WFH ini berakhir, wawasan kamu semakin luas dan otak kamu tidak berhenti produktif. Bagaimana, seru bukan?

6. Quality Time dengan Keluarga


Bagi yang sudah punya anak, cobalah mencari referensi di internet permainan seru yang bisa dilakukan bersama dengan anggota keluarga. Bahkan kamu juga bisa melakukan Challenge yang ada di aplikasi secara gratis kemudian mengunggahnya di media sosial. Misalnya saat ini sedang booming #PassMakeupBrushChallenge #AnySongChallenge dan lainnya bisa diikuti.

Selain itu, kamu juga bisa memasak bersama keluarga. Buatlah kreasi masakan yang tentunya akan menjadi hal baru yang menyenangnya. Kegiatan ini akan sedikit menghilangkan kejenuhan selama berada di rumah. 

Nah, berada di rumah bukan berarti kamu terpenjara dan tidak bisa melakukan apa-apa. Justru saat WFH seperti ini kamu dituntut lebih kreatif dan sebaik mungkin memanfaatkan waktu agar tetap bermanfaat. Dari keenam kegiatan selama WFH di atas, mana yang sudah kamu lakukan selama WFH? 

0 komentar :

Posting Komentar