Selasa, 19 Mei 2020

8 Jenis Kolak Lezat Spesial Santapan Khas Buka Puasa



Berbuka puasa, tentu terasa kurang lengkap jika belum tersedia kolak sebagai menu takjilnya. Rasa kolak yang manis dan gurih menjadikan kudapan ini cukup populer saat bulan Ramadan. Kolak memiliki berbagai varian yang beragam mulai dari kolak pisang hingga kolak yang dibuat kreasi seperti kolak durian. Berikut 8 jenis kolak lezat yang dapat dijadikan inspirasi untuk menu berbuka nanti.


1. Kolak Pisang


Variasi kolak pisang tentu sudah tidak asing lagi sebagai menu berbuka puasa. Kolak pisang cukup mudah dijumpai serta merupakan salah satu variasi kolak yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Perpaduan rasa manis dari pisang dan gurihnya santan membuat menu berbukamu semakin terasa istimewa.

Untuk membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan pisang kepok yang dikupas lalu dipotong sesuai selera dan masukkan dalam santan. Selanjutnya rebus santan dengan pisang tersebut dan jangan lupa tambahkan daun pandan dan gula merah sebagai pelengkapnya.

2. Kolak Candil


Jenis kolak lezat selanjutnya yaitu kolak selanjutnya yaitu Kolak candil. Kolak ini merupakan salah satu variasi kolak yang dibuat dari tepung ketan yang disajikan dalam bentuk bulat-bulat kecil dengan tambahan kuah santan. Kolak candil memiliki rasa yang manis dari gula merah, gurih dari santan, dan legit membuat kudapan manis ini cukup populer sebagai menu berbuka puasa.

3. Kolak Kolang-kaling


Kolang-kaling merupakan salah satu bahan makanan berbentuk bulat lonjong berwarna putih yang dapat diolah menjadi kudapan lezat, seperti kolak. Rasa kolang-kaling yang kenyal dan khas sangat cocok dipadukan dengan kuah gula dan santan. Rasa kolak kaling-kaling yang manis menjadikan variasi kolak ini menjadi idola banyak orang.

4. Kolak Umbi


Jenis kolak lezat selanjutnya yaitu kolak umbi. Umbi yang biasanya digunakan dalam kolak ini yaitu ketela dan singkong. Penyajian kolak umbi cukup berbeda dari kolak jenis lain yang berkuah banyak, kolak umbi biasanya disajikan dengan kuah yang telah meresap. Perpaduan rasa manis dari gula, gurihnya santan, dan manis alami dari umbi menjadikan kolak ini cukup lezat dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Kolak umbi cukup populer karena selain rasanya yang lezat, juga bahan yang mudah didapatkan. Untuk variasi kolak ini, Kamu dapat menggunakan singkong saja sebagai bahan utamanya atau dapat juga ditambahkan dengan ubi agar lebih menggugah selera.

5. Kolak Nangka

Jenis kolak selanjutnya yaitu kolak nangka. Sebelum dijadikan kolak, daging buah nangka diiris kecil seukuran dadu agar menghasilkan rasa yang lebih pekat. Tekstur dari buah nangka yang empuk, kenyal, dan sedikit berserat menjadikan buah ini sangat lezat dicampurkan dengan santan sebagai kudapan berbuka.

6. Kolak Durian


Selain pisang dan nangka, buah durian juga dapat dijadikan kolak lho. Daging buah durian yang memiliki rasa dan aroma khas sangat cocok disantap sebagai menu pembuka saat berbuka puasa. Perpaduan rasa manis dari durian dengan gurihnya santan, membuat kudapan manis ini disukai banyak orang terutama bagi pecinta durian.

7. Kolak Labu Kuning


Jenis kolak lezat selanjutnya yaitu kolak labu kuning. Rasa manis dari labu kuning dengan gurihnya santan kelapa menjadikan kolak ini sayang dilewatkan. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu dengan memotong labu kuning dengan ukuran sesuai keinginan, kemudian ditambahkan dengan berbagai bahan seperti santan, gula merah, dan daun pandan sebagai aromanya. Kolak ini juga cocok ditambahkan kolang-kaling lho sebagai pelengkapnya.

8. Kolak Kacang Hijau


Sama seperti kolak pisang, kolak kacang hijau juga cukup populer sebagai takjil berbuka puasa. Rasa kacang hijau yang khas dengan tambahan santan membuat kolak ini cukup nikmat disantap sebagai menu pembuka saat berbuka puasa. Cara membuatnya pun cukup mudah, dengan merebus kacang hijau hingga empuk, lalu menambahkan bahan pembuatan kolak seperti santan, gula merah, dan daun pandan sebagai penambah aromanya. Selain itu, kolak kacang hijau juga dapat dipadukan dengan tambahan kolang-kaling, pisang, dan umbi sebagai pelengkapnya.

Kolak merupakan salah satu kudapan wajib yang harus ada sebagai menu takjil untuk berbuka puasa. Selain rasanya yang cukup lezat, kudapan manis dan gurih ini juga cukup mudah dibuat dengan bahan yang mudah ditemukan. Dari 8 jenis kolak lezat di atas manakah yang menjadi favoritmu?


0 komentar :

Posting Komentar