Wednesday, 29 November 2017

Perbedaan Mentega dan Margarin

Ganti dengan “
margarin nih bentuknya


Apakah kamu tahu perbedaan antara margarin dan mentega? Atau kamu menganggap bahwa dua produk ini adalah produk yang sama? 

Margarin dan Mentega (Butter) - Bagi orang yang tidak terbiasa berkutat di dapur, mungkin kedua bahan ini cukup sulit dibedakan.

Tak sedikit yang mengira bahwa mentega dan margarin adalah bahan yang sama. Sama-sama bahan kue, hanya berbeda istilah saja.

Padahal, kedua bahan ini berbeda baik dari bahan dasar, tekstur hingga penggunaannya Lantas jika memang berbeda, apa saja perbedaan utama antara margarin dan mentega?
Biar tidak bingung, langsung saja kita simak sedikit ulasannya berikut ini.

Bahan Dasar
Mentega atau butter terbuat dari lemak hewani yang disebut butterfat, yaitu lemak susu atau krim susu yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi. Krim ini diperoleh setelah susu dibiarkan beberapa hari dalam suhu dingin, sehingga terbentuk gumpalan setengah padat (krim) yang terpisah dari bagian cairnya (skim).


sumber gambar;  dunyanews.tv


Margarin dibuat dari minyak nabati, air, pengemulsi dan beberapa bahan pendukung lainnya sehingga membentuk krim padat. Karena sebagian besar terbuat dari minyak nabati, margarin memiliki kadar lemak dan kolesterol yang lebih rendah dari mentega.

Tekstur

Mentega memiliki tekstur yang lebih lunak, sehingga lebih baik disimpan didalam lemari pendingin.


Di tempat yang bersuhu ruang, mentega memiliki tekstur yang lembek dan cenderung meleleh.

Sedangkan margarin memiliki tekstur yang lebih stabil, meskipun lunak tetapi tidak meleleh dalam suhu ruang.


sumber gambar  thrivemarket.com
Dalam suhu ruang, margarin lebih stabil dan tetap dalam bentuk krim padat (tidak meleleh).

Warna

Biasanya, mentega memiliki warna yang lebih pucat atau lebih putih dibandingkan dengan margarin.

Sementara margarin memiliki warna yang lebih terang dan lebih kuning dibandingkan dengan mentega. Perbedaan ini memang tidak bersifat mutlak, karena ada beberapa mentega yang warnanya lebih kuning dibanding margarin.

Rasa

Secara umum, mentega memiliki rasa yang lebih tawar dibandingkan dengan margarin. Sebaliknya, margarin memiliki rasa yang lebih asin dibandingkan dengan mentega. Tetapi terkadang rasa ini tidak menjadi patokan, karena mentega juga ada beberapa jenis seperti salted butter dan unsalted butter.

Demikian juga dengan margarin. Namun secara umum, biasanya margarin lebih asin dibandingkan dengan mentega.

Aroma
Karena terbuat dari krim susu, mentega memiliki aroma yang harum dan menggugah selera sebagaimana aroma susu pada umumnya. Sedangkan margarin memiliki aroma edikit kecut yang khas, terutama saat margarin dipanaskan.

Penggunaan

Mentega dengan teksturnya yang lembek cocok digunakan untuk membuat kue kering seperti cookies. Mentega menghasilkan tekstur kue yang lembut dan ringan, sehingga tidak cocok digunakan untuk membuat kue basah seperti cake.

Margarin memiliki sifat sebaliknya, lebih cocok digunakan untuk membuat kue basah namun kurang cocok digunakan untuk membuat kue kering.

Margarin cocok untuk membuat cake yang kokoh namun lembut, sehingga cake gampang dibentuk dan dihiasi berbagai topping serta tidak mudah hancur. Untuk mendapatkan semua keunggulan mentega dan margarin, biasanya kedua bahan ini dipadukan dengan perbandingan tertentu.

Dengan begitu bisa didapat hasil kue yang pas, memiliki aroma lebih wangi, lembut namun tidak mudah hancur.


Belakangan ini, sudah banyak produk yang menawarkan keunggulan keduanya. Yaitu campuran antara margarin dan mentega serbaguna siap pakai.

Kandungan Kolestrol

Karena terbuat dari lemak hewani, kandungan kolesterol dan lemak jenuh pada mentega lebih tinggi daripada margarin. Namun, untuk produk mentega oles memiliki kalori dan lemak yang lebih rendah. Mentega yang biasa dijual secara komersil di Amerika mengandung sekitar 80% lemak. Dan yang yang membuatnya makin berbeda dengan margarin adalah, mentega bisa dibuat sendiri di rumah sedangkan margarin harus diolah di pabrik. 

Sama seperti mentega, margarin oles mengandung lemak yang lebih rendah sekitar 10-90%. Tinggi rendahnya  kandungan lemak pada margarin tergantung pada kandungan lemak yang berasal dari minyak sayur. Semakin rendah kandungan lemak pada margarin, maka semakin banyak kandungan air pada margarin tersebut. 

Karena margarin terbuat dari minyak sayur, kandungan kolesterol dan minyak jenuh pada margarin jauh lebih rendah dibandingkan dengan mentega. Namun, margarin memiliki persentase yang lebih tinggi untuk kandungan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. 

BISAKAH MARGARIN DAN MENTEGA SALING MENGGANTIKAN?

Secara teknis, mentega dan margarin tidak dapat saling menggantikan tapi tidak bersifat mutlak. Mentega kurang cocok untuk menggantikan margarin dalam hal membuat kue basah karena tekstur kue yang didapat menjadi lembek dan tak berbentuk namun rasanya memang lebih enak.

Sementara margarin kurang cocok untuk menggantikan mentega dalam hal membuat kue kering. Tekstur yang didapat nantinya menjadi kurang garing dan kurang lembut serta cenderung agak keras.

Untuk mendapat hasil yang terbaik saat membuat cake, biasanya mentega dan margarin dipadukan dengan tujuan mendapatkan tekstur yang baik dengan rasa dan aroma yang enak. Sementara untuk membuat kue kering, mentega menjadi prioritas untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang terbaik. Margarin lebih cocok untuk penggunaan multifungsi yang tidak didapatkan dari mentega seperti menggoreng, menumis dan keperluan memasak yang lainnya.

Perbedaan margarin dan mentega tersebut sekaligus merupakan kekurangan dan kelebihan dari keduanya. Kendati tidak dapat saling menggantikan secara keseluruhan, keduanya dapat dipadukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.


Contoh Produk di Pasaran
Beberapa contoh mentega yang beredar di pasaran dalam negeri antara lain dengan merk dagang Wijsman, Golden Churn, Orchid Butter dan Elle & Vire.


contoh mentega di pasaran

Beberapa contoh margarin yang populer di pasaran dengan merek dagan antara lain Blueband, Simas Palmia, Filma, Palmboom dll.


contoh margarin di pasaran


Bagaimana? Dengan penjelasan singkat diatas apakah kalian sudah bisa membedakan antara margarin dan mentega? Semoga membantu.

0 comments :

Post a Comment