Jumat, 17 November 2017

Viva Cosmetics Blogger Gathering And Factory Visit [Event Report]



Kalau ditanya pernah masuk pabrik? Jawabanku iya, pernah. Dulu sewaktu masih kecil sering diajak Bbiku buat ambil gaji di pabrik sumpit yang tak jauh dari rumah. Awal masuk sebuah gedung besar yang super menyeramkan bagiku. Kenapa? Sebab banyak sekali suara mesin-mesin yang mirip monster di film-film kartun. Mesin-mesin itu juga bisa menyulap produk-produk yang siap untuk dikemas. Setelah keluar dari mesin produknya jadi rapi dengan packaging yang aduhai.


Namun kali ini aku mendapat kesempatan yang sangat istimewa nih. Berkat kerjasama Viva Cosmetics dan Surabaya Beauty Blogger alhasil terselenggaralah event ini, Yeyy. Aku diajak visit Company Viva Cosmetics. Pasti semuanya tak asing ya dengan brand yang satu ini. Bahkan nenekku pasti tahu kalau ditanya soal brand Viva. Lha wong dari jamannya nenek sudah ada bedak kantongan Viva. Dan aku masih ingat waktu kecil selalu disuruh beli bedak kantongan viva nomor 4. Kalau kalian juga pernah mengalaminya, berarti kita segenerasi nih hehe....



Di sana juga disediakan spot yang memajang produk-produk dari Viva Cosmetics. Spot pertama ada Viva Cosmetics Air Mawar dan macam-macam milk cleanser yang sudah terkenal sejak zaman nenekku. Ada juga produk terbaru Viva Cosmetics yaitu face mask.


Kemudian, yang gak kalah terkenalnya yaitu produk-produk makeup Viva Queen. Ada produk sejuta umat yaitu eyebrow pencil dan eyeshadow singlenya yang murah meriah dengan pigmentasi luar biasa. Ada juga bedak, blush on, eyeshadow trio, lipstik, dan masih banyak lagi.

Product Knowlegde

Pertama kami masuk ke lobby kemudian oleh bagian receptionist kami diarahkan naik ke lantai 3 menggunakan lift yang ada tepat di samping kiri bagian receptionist. Surprise banget masuk di lantai tiga disuguhi pemandangan piagam rekor muri yang berjajar-jajar di meja. Nah, nggak kalah sama brand-brand baru yang bermunculan bukan, Viva juga menyiapkan photo both yang didominasi warna pastel lengkap dengan aksesoris berfoto. 

Di samping kiri juga sudah tersedia sarapan yang ala-ala barat. Yup, aneka roti sudah berjajar dengan elok di meja dengan tatanan mirip cupcake di etalase toko kue. Juga bisa minum teh hijau dengan gelas cantik berlogo viva. Hampir semua barang di ruangan itu ada logo vivanya lho, mulai dari jam dinding, cangkir bahkan kuenya. So, cute...


Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Deni Wibisono selaku Direktur Marketing. Beliau menyambut kami dan menjelaskan sedikit tentang Viva Cosmetics dari proses produksi produk hingga sampai ke tangan konsumen. 


Ibu Ana selaku Kepala Unit Promosi memperkenalkan brand Viva Cosmetics, sejarah, serta prestasi yang sudah diraih. Kalian tahu gak sih kalau PT. Vitapharm yang menaungi Viva Cosmetics ini sudah berdiri sejak tahun 1964? Yap, Viva Cosmetics merupakan salah satu brand tertua di Indonesia lho. Coba tanya ke mama atau tante kalian, siapa yang gak tau sama ini. Awalnya, pabrik Viva Cosmetics bertempat di Jl. Karet Surabaya kemudian pindah ke Jl. Panjang Jiwo Surabaya hingga sekarang. Sempat berganti nama sebanyak 3x, PT. Vitapharm dijadikan nama resmi yang dikenal saat ini. Dan ternyata, PT. Vitapharm gak cuma menaungi Viva Cosmetics aja, tapi juga Viva White, Viva Queen dan Red-A. Beda keempat merk tersebut apa sih? Jadi Viva Cosmetics adalah brand yang fokusnya ke skincare, Viva White fokusnya ke mencerahkan kulit, Viva Queen adalah brand makeup yang ditujukan untuk wanita dewasa atau "makeup professional", sedangkan Red-A adalah brand makeup yang produknya ditujukan untuk remaja. Kalau kalian menemukan bermacam-macam nama brand Viva Cosmetics di pasaran, gak usah bingung, kan sekarang sudah tahu.

Factory Visit

Kami diajak jalan-jalan ke pabrik Viva Cosmetics yang letaknya tepat di belakang bangunan kantor PT. Vitapharm. Untuk menjaga privasi, pihak Viva Cosmetics gak memperbolehkan kami untuk melakukan dokumentasi. Kami cuma diperbolehkan membawa kertas untuk mencatat. Beneran deh, jadi inget study tour sekolah. Para beauty blogger digiring oleh pak Teguh (staff Viva Cosmetics) jalan-jalan ke satu per satu ruangan di dalam bangunan pabrik. Kami diperlihatkan tahap pemeriksaan bahan baku, proses produksi, pengemasan, pengujian sampel, dan penyimpanan barang sebelum akhirnya dikirim ke distributor. PT. Vitapharm sangat menjaga kehigienitasan produk-produknya. Setiap pekerja diharuskan memakai jas lab, penutup kepala, masker, dan sepatu khusus sebelum memasuki ruangan-ruangan yang berhubungan dengan proses produksi. Kusen-kusen yang ada disana dibuat tanpa siku agar gak ada debu yang menumpuk.

Naavagreen Beauty Blogger Gathering

 Tentu aja, kami para pengunjung juga cuma bisa melihat kegiatannya dari balik sekat kaca agar ga terjadi kontaminasi. Kemudian untuk menjaga kualitas produk, suhu ruangan dijaga dengan ketat sejak dari pengolahan bahan baku sampai ke penyimpanan di gudang barang agar ga terjadi kerusakan. Secara berkala, produk dari tiap batch diambil sampelnya untuk diperiksa apakah produk tersebut masih layak edar atau tidak. Yang paling menyedihkan adalah kami melihat proses pemotongan lipstik yang akan dicek di laboratorium. Kami meratapi si lipstik dari jendela laboratorium. Dasar lipstick junkies.


Setelah itu, kami dipersilakan kembali ke ruangan meeting untuk makan siang. Di tengah makan siang, kami kaget karena ada kejutan. Ternyata tepat di hari itu, Viva Cosmetics berumur genap 60 tahun! Sungguh waktu yang lama bagi suatu brand untuk mempertahankan keeksisannya. Wish you all the best! Semoga Viva Cosmetics makin baik bersaing dengan brand-brand lain yang bermunculan dan kehadirannya tak lekang oleh waktu. Semoga banyak produk baru yang akan dikeluarkan Viva Cosmetics kedepannya!

Makeup Challenge

Untuk memeriahkan hari itu, tim Viva Cosmetics mengadakan makeup challenge  menggunakan produk-produk dari Viva Cosmetics. Ada beberapa tim yang ikut main. Dalam 1 tim, ada 1 orang sebagai perias dan 1 orang lainnya sebagai korban alias yang dirias.


Produk-produk yang digunakan dalam challenge adalah dari Viva Cosmetics, Viva White, Viva Queen, dan Red-A. Tiap tim rebutan memilih produk yang akan dipakai. 
para pemenang makeup challenge

Pemenang pertama challenge hari itu, Claresta (kiri) dan Fio (kanan). Mereka memenangkan challenge dengan tema "Makeup Dengan Produk  Sak Onoke" (Makeup Dengan Produk Seadanya) yang selalu mengundang tawa temen-temen yang hadir maupun panitia.

Beauty Class

Sesi dilanjutkan dengan beauty class. Di sini kami diajarkan step by step dari membersihkan makeup, pemakaian skincare, pijat refleksi wajah dan teknik kontur wajah menggunakan produk-produk dari Viva Cosmetics. Juga bagaimana cara pakai blush on untuk tiap bentuk wajah. Saat beauty class ini produk yang paling aku sukai yaitu peeling cream-nya karena ada butiran-butiran scrub-nya serasa bisa mengangkat semua sel kulit mati, jadinya sebelum makeup wajah jadi enteng dan alus. Barulah memakai makeup sesuai karakter kita masing-masing. Kami bebas pilih mau pakai eyeshadow warna apa dan pakai eyeliner yang matic atau yang biasa. Jadi eksperimen juga kan nggak pernah pakai full makeup dengan produk Viva Cosmetics.

suasana saat dimulai makeup class

Setelah itu, kami diberi workshop oleh Mas Moh (IG @mochtret) tentang Blogging 101 dan cara mengambil foto yang Instagrammable. Kids Jaman Now katanya harus banget punya Instagram, tapi fotonya gak boleh asal-asalan. Apalagi kami sebagai Beauty Blogger yang tugasnya meng-influence audience, wajib banget untuk tahu angle kamera, pose, dan memposisikan diri di depan kamera. 

Mas Moh memberi materi selfie yang baik model Caroline dan Claresta

Kami diberi tips-tips untuk mengambil foto selfie yang baik. Pertama-tama harus tahu dulu angle terbaik dan fitur wajah yang menjadi poin plus. Kalau sudah tahu angle terbaik sebelah mana, selanjutnya adalah memposisikan badan di depan kamera. Usahakan collarbone (tulang selangka) terlihat santai, posisikan wajah sedikit miring ke samping, dan buka mata atau senyum tepat sebelum foto di capture. Trik untuk kalian yang sering kelihatan merem atau senyum aneh kalau difoto nih. Mas Moh juga membagikan tips-tips tentang cara membuat foto produk yang bagus dengan posisi flatlay dan cara memposisikan lighting untuk keperluan foto produk maupun video tutorial. Psst, kami juga dikasih bocoran jenis lighting yang bagus loh. Salah satunya ring light yang kalian lihat di foto di atas.


Sekian cerita tentang keseruanku berkunjung ke pabrik Viva Cosmetics bareng temen-temen Surabaya Beauty Blogger. Wawasan kami jadi terbuka dan makin bangga dengan produk lokal tertua di Indonesia ini. Acara ini menghilangkan pemahaman tentang brand tua digunakan oleh orang tua aja. Nyatanya, produk Viva Cosmetics bagus banget dan cocok digunakan di segala usia mulai dari remaja sampai wanita dewasa. Semoga kedepannya banyak bermunculan produk-produk baru Viva Cosmetics. Dan moga aja acara kayak gini bisa diadakan tiap tahun ya…



19 komentar :

  1. Waah Viva kosmetik murah berkualitas 👍👍

    BalasHapus
  2. Mbakkk ajarin aku pakai make up dong. Biar meski pakai kosmetik murah tetep kelihatan cetar. Hehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak kalo ketemu belajar bareng... hayukk

      Hapus
  3. Senangnyaa bisa ikutan acara ini, yang di daerah mah cukup menikmati ceritanya doang krn gak bakal diundang hahaha.
    Aku punya banyak produk Viva, eyeshadow yg wadah single punya macam2 warna :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang single lebih pigmented ya mama ivon

      Hapus
  4. aku juga masih pakai viva pembersih dan penyegar yang bengkuang hehehe. Acaranya asik ya.. nambah pengalaman nambah ilmu pula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tosss kita samaan, aku juga suka yang bengkoang.

      Hapus
  5. Viva ini produk jadul yang terbukti masih bertahan sampai sekarang
    Berarti memang kualitasnya terjamin dan banyak yang sudah merasakan manfaatnya ya. Jadi ingat koleksi perawatan muka di lemari ibu saya deh

    BalasHapus
  6. astaga selfie.... :)) duh kudu belajar lagi haha aku jarang selfie..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya koh cara cari angle yang mencerminkan karakter kita masing-masing buat selfie biar hasilnya cetar

      Hapus
  7. wah acaranya seru banget ya. tips nya juga lengkap. jadi banyak ilmu yang didapat

    BalasHapus
  8. Produk lokal legend. Masih bertahan dan semakin inovatif. Turut bangga 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. legend banget udah 55 tahun, mirip umur nenek hehe

      Hapus
  9. Viva ini salah satu produk kosmetika lokal yang awet banget ya mbak. Dia itu brandingnya bukan kosmetika yang wah gtu, tapi kualitasnya gak kalah sama merk yg lbh keliatan wah. Seru banget ada biuti class :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. seruuu mbak april. Yup nggak kalah juga sama brand lokal lainnya

      Hapus
  10. Wah belum pernah nyoba.. tadi mampir ke web nya sepertinya bagus dech.. jadi penasaran

    BalasHapus
  11. Seru bangeeettt acaranya. Belum pernah ikut acara kaya gini. Mupeng

    BalasHapus