Wednesday, 24 January 2018

Pempek Farina Surabaya [Recomended]



Holla, foodies! Pencinta kuliner Surabaya semuanya, kali ini saya akan mereview satu kuliner yang ada di Surabaya. Memang sih asal kuliner ini dari Palembang tapi gerai makanan ini ada di Surabaya. Hmm, yang dari pagi mantengin instastory saya pasti sudah tahu jawabannya. Yup, sehari ini saya wisata kuliner di Pempek Farina.

Pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan bernama pempek. Namun, rasa pempek pada umumnya belum bisa membuat saya mengacungkan jempol. Apalagi para penjual pempek yang menurut saya seperti 'mainan', pernah makan pempek yang lewat depan rumah atau yang biasa dijual di depan sekolah? Nah, kebanyakan pempek itu hanya rasa tepung. Padahal katanya pempek itu terbuat dari ikan tenggiri, kan? Itu hal pertama yang membuat saya sudah malas menjajal makan pempek lagi.

Namun, katanya ada pempek yang enak apalagi lokasinya ada di Surabaya tepatnya di Rungkut Asri Barat XII No.13 (depan Indomart). Akhirnya saya mencobanya dengan harapan pempek ini memiliki perbedaan dengan pempek lain yang pernah saya coba.

Tempat

Pertama masuk saya sudah disuguhkan tulisan "tak kenal maka tak sayang" dengan art yang kekinian. Setelah itu pintunya terbuat dari kaca.



 Interiornya cocok banget buat kencan serius deh hehe, karena lampunya kuning eksotik serta langit-langit dari kayu. Hmm, betah deh pokoknya. Ngobrol pasti nggak kerasa karena ada AC juga yang membuat ruangan sejuk.

Pelayanan
Pelayanannya keren, mbak dan Masnya ramah. Meski saya agak lama saat pemilihan pesanan mereka tetap sabar menanti dan selalu senyum gitu.


Biar saya bersihkan mejanya dulu, biar ngobrolnya juga enak... ramah banget Masnya.

Rasa
Di sini saya mencoba 2 jenis menu andalan dari Pempek Farina. Pertama saya coba tentu pempek kapal selam (itu lho yang dalamnya ada kuning telur) dan kedua saya coba tekwan (ini kali pertama tahu ada makanan namanya tekwan :v).


Rasa pempeknya akhirnya... berbeda. Nggak hanya rasa tepung, ada gurih dan terasa rasa ikan tenggirinya.

"Kami memang menggunakan ikan tenggiri asli bukan perisa. Bahkan ikannya dikirim langsung dari Papua berton-ton," ucap David Christian, Bussiness and Development Manager Pempek Farina.


Kuah pempeknya juga enak, ini terasa lebih hitam daripada pempek yang pernah saya coba. Lebih balance juga rasanya.



Rasa tekwannya ulalala... pertama tahu kuliner ini dan ternyata saya love at the first sight😄, suka banget perpaduan jamur kuping, udang, sama adonan putih tekwan itu sesuatu sekali apalagi saat ditambahkan jeruk nipis dan bawang goreng sangat seger kalau dinikmati saat hujan. Saya sampai penasaran dengan kuahnya itu dari kaldu tenggiri atau apa, karena gurih sekali.
Tekwan favorit

Karena senang dengan makanan berkuah saya pun membungkus lagi satu menu dari Depot Pempek Farina yaitu Model. Ini bukan yang biasanya lenggak-lenggok di stage hihihi. Model ini hampir sama dengan Tekwan hanya saja bentuknya berbeda, model di tengahnya adalah tahu yang dibalut adonan yang sama persis dengan Tekwan. Gurihnya juga sama.

Pengemasan
Karena saya juga beli bungkus dibawa pulang, jadi tahu pengemasannya bagaimana. Tapi banget pengemasannya, jadi nggak perlu khawatir jika biasanya makanan yang dibungkus isinya berbeda dengan yang dimakan di tempat. 

ini dia Model yang belinya dibungkus. Sampai kelupaan mau habis baru difoto.

Depot Pempek Farina ini sangat telaten membungkus sampai berlapis-lapis. Material kecil-kecil seperti jeruk nipis, seledri, bawang goreng dan jamur kuping pun dibungkus menggunakan plastik super mini. Kuahnya juga dimasukkan ke plastik. Setelah itu semua yang sudah diplastiki itu dimasukkan dalam kotak kertas yang sudah ada label depotnya. Jangan khawatir kalian juga pasti dapat sambal.

Solusi Buat yang Mager

Buat yang mager, kalian di Surabaya tinggal pesen pakai GoFood aja. Tapi, jika agak jauh juga nggak perlu resah karena Depot Pempek Farina ini sudah kerjasama dengan Lazada, Tokopedia, Blibli. Di sana ada pempek frozen yang bisa kalian nikmati setiap waktu.

Harga





Harganya menurut saya nggak mahal amat, dengan tahu rasanya yang enak seperti itu nggak akan nyesel sih misal beli. Harganya untuk pempek 18.000, tapi untuk varian lain ada juga yang 9000. Tekwan dan Model juga sama yaitu 18.000. Untuk lengkapnya aku akan kasih gambar menu dan harganya. Di sini juga ada minuman seperti es teh, es kacang merah dan lain-lain.




Kerennya lagi nih, di sini ada fasilitas FREE Parkir, juga Mas-Mas gojek bakal dapat minum FREE saat menunggu pesanannya. Wuihhh, sangat menghargai pembeli.

Tempat ini recomended buat kalian yang pengen kumpul-kumpul bareng keluarga, sahabat, atau mantan mungkin eh pokoknya kalian perlu coba pempek di sini kalau kalian pencinta kuliner

1 comment :

  1. aku baru pertama makan tekwan, lha tibaknya kok enak yaaa hehehehe

    ReplyDelete