Sabtu, 25 Mei 2019

Tak Dapat Diulang, 5 Hal yang Dirindukan Saat Ramadan


Tak Dapat Diulang, 5 Hal yang Dirindukan Saat Ramadan - Ramadan memang bulan yang istimewa. Dala setahun hanya ada satu bulan. Selain selalu syahdu, banyak tersimpan rindu yang membeku. Semakin lama semakin membelenggu. 


Meski tiap kali kita mengulang, selalu ada hal yang cukup beda. Tapi,  hal yang paling jauh berbeda dari bulan biasa menurut saya ada 5 hal yang dieindukan saat Ramadan

1. Bangun dan Makan di Waktu Sahur 

Meski ada puasa sunnah, tapi rasanya akan berbeda dengan puasa Ramadan. Begitu juga rasa yang kita rasakan saat sahur. Pada masanya, kita akan merindukan makan saat sahur di bulan Ramadan. 

Apalagi saat hari pertama puasa, mata cukup sulit membuka dan mengisi perut di jam-jam tersebut. Meski berat,  tapi sahur tetap terlaksana akibat omelan ibu yang membangunkan ditambah alarm yang sudah bunyi tapi dimatikan lagi. Tentu momen ini sangat mengesankan dan begitu malasnya jika ditilik lagi hehe. 

2. Santapan Khas Buka Puasa 

Ketika Ramadan menikmati takjil saat adzan maghrib berkumandang merupakan momen paling mengesankan. Apalagi selama bulan Ramadan banyak pasar kaget di sepanjang jalan dan taman kota. Ada banyak macam takjil yang menarik.  Semua makanan favorit ada, mulai siomay, batagor,  soto, dan roti canai. Hmm, tak lupa es campur dan kolak pasti ada. 

3. Buka Puasa Bersama 

Budaya bukber atau buka bersama hanya bisa ditemukan saat Ramadan. Momen ini sangat seru dan selalu dirindukan. Sebulan Ramadan bisa jadi 20 lebih undangan bukber. Mulai bukber bersama komunitas, klien, temen SD,  temen SMP,  temen SMA,  temen ekskul Pramuka,  ekskul Paskibra,  ekskul PMR, dsb. Bayangin dulu saya ikutan banyak ekskul jadinya sebanyak itu pula undangan bukber. Hmm, lucu memang tapi seru. 

4. Waktu Terasa Lama 

Siapa yang ngerasa kalau saat Ramadan rasanya waktu itu lama. Saat hari biasa, kamu pasti jarang melihat jarum jam. Namun saat Ramadan biasanya kamu akan lebih sering mengintip jam sambil berharap agar waktu berputar lebih cepet. Bener apa bener? 

Sederet hidangan buka puasa sudah mulai disiapkan mulai pukul 15.00 sehingga kamu akan diuji. Tentu tidak hanya aromanya yang menggoda tapi juga bentuknya. Apalagi sudah melihat dan memasak. 

5. Aktivitas Ngabuburit 

Sebelumnya saya sudah menulis tentang Ngabuburit yang enak di mana saja. Nah,  kamu bisa ke postingan saya yang sebelumnya. Kegiatan untuk menghabiskan waktu puasa ini hanya ada di Bulan Ramadan lho.  Waktunya 2-3 jam sebelum adzan berkumandang. 

Paling umum dilakukan dengan jalan-jalan sore,  membaca buku,  menonton film,  dan sebagainya. Kamu bisa memilih ngabuburit apa saja. Momen ini akan selalu teringat di kepala. 

Hal yang dirindukan saat Ramadan memang sangat banyak,  tapi 5 hal di atas sudah mewakili dari semua hal 'ngangenin' di bulan puasa. Semoga temen-temen punya memori yang lebih keren daripada saya. Apa yang paling kamu rindukan di Ramadan? 

2 komentar :

  1. Poin no2 dan no5 yang bikin kangen ntr ya mbk, duh ntr lg ramadhan segera pergi, smg bs bertemu pada ramadhan tahun dpn yah. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nggak terasa sudah mulai pergi, semoga ketemu lagi tahun depan, Amiiin

      Hapus