Sabtu, 02 April 2022

Tips Lancar Puasa Saat Pandemi yang Wajib Kamu Terapkan

puasa saat pandemi

Puasa saat pandemi memang menjadi tantangan tersendiri untuk semua orang. Meski kita sudah akhirnya berpengalaman melakukan ibadah puasa saat pandemi, tapi tak boleh lengah. Buat teman-teman yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 pasti tahu rasanya tidak enak dan mungkin sebagian orang akan ‘kapok’ sehingga lebih berhati-hati sekarang.


Memang dari segi ibadahnya tak ada yang membedakan, hanya saja kondisi lingkungan yang mungkin sedikit berbeda. Saat keluar rumah harus tetap menjaga protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan rajin mencuci tangan atau setidaknya membawa hand sanitizer. Aku pun sekarang tak pernah ketinggalan hand sanitizer di dalam tas.


Nah, agar puasa lebih lancar, aku menyarankan beberapa hal ini untuk kamu. Jangan lupa buat diterapkan ya biar kuat menghadapi tantangan puasa saat pandemi kali ini. 


1. Lebih Memperhatikan Kebutuhan Gizi dan Air saat Berbuka


kebutuhan gizi

Pastinya kamu tahu ketika berpuasa, seringkali dihadapkan dengan dehidrasi, terlebih kalau kamu tinggal di tempat yang suhunya cukup panas seperti Surabaya. Cairan di tubuh akan cepat menurun sehingga asupan air itu penting sekali. 


Biasanya aku mencicil minum air saat buka puasa, setelah isya, jelang tidur, dan nanti sewaktu sahur. Hal ini kulakukan biar tidak kekenyangan. Karena saat bulan Ramadhan beda dengan hari biasa yang memiliki waktu makan dan minum lebih lama. Sehingga demi keefektifan aku membagi jam minum. Kamu juga bisa mencobanya agar asupan air tetap terjaga. 


Selain air, kebutuhan nutrisi juga penting, sebaiknya makan lebih banyak serat misalnya dari sayuran, buah dan jangan lupa proteinnya juga. Intinya, meski puasa makanan harus tetap bergizi ya. 


2. Tetap Berolahraga

Olahraga

Tips selanjutnya, sempatkan untuk olahraga sesekali minimal 2-3x seminggu. Kalau aku pribadi memang butuh olahraga karena sebagian besar waktu kuhabiskan duduk di depan monitor/komputer.


Sehingga punggung sering sakit jika tidak diimbangi dengan olahraga. Selain itu ingat, olahraga juga bisa untuk mempertahankan imun kita sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit.


3. Meminimalisir Stres

Setiap orang pasti punya masalah masing-masing. Tak bisa dipungkiri satu per satu hal rumit menghampiri dan butuh diselesaikan. Terkadang ini membuat stres selama pandemi. Nah, kamu bisa meminimalisir stres agar tidak menumpuk menjadi penyakit.


Sebab, peningkatan hormon stres kortikosteroid bisa menghambat kerja sistem imun, misalnya menurunkan jumlah limfosit atau sel darah putih yang tugasnya melawan patogen penyebab penyakit. Jadikan bulan Ramadhan ini sebagai momen untuk menghindari atau memperkecil jumlah stres dari bulan biasanya. 


Salah satu kegiatan yang sering aku lakukan ketika stres yaitu nonton drama Korea, melakukan hobi menggambar, menulis puisi, atau ikut BPN Ramadhan 2020 ini juga bisa meminimalisir stresku karena bagiku makin banyak kegiatan semakin tak ada ruang bagiku untuk mikir aneh-aneh. Kamu sama tidak denganku?


4. Kurangi Konsumsi Makanan Berminyak

Tips yang satu ini bukan karena harga minyak naik ya teman-teman. Meski harganya belum naik, sebaiknya memang dibatasi konsumsinya. Hal ini karena semakin banyak makan makanan berminyak bisa menyebabkan panas dalam. 


Apalagi jumlah air yang kita konsumsi bisa jadi berkurang dan saat siang hari pun tak bisa minum jika terjadi panas dalam. Jadi, sebaiknya dikurangi saja.


5. Mengonsumsi Suplemen Vitamin Jika Perlu

mengonsumsi multivitamin

Terakhir, konsumsi suplemen vitamin jika diperlukan. Saat pandemi seperti saat ini, sebisa mungkin aku mempertahankan kesehatan. Biasanya aku mengonsumsi vitamin C jika dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh. Ada juga temanku yang mengonsumsi vitamin lainnya karena disarankan oleh dokter. 


Nah, aku rasa cukup ya untuk tips puasa saat pandemi yang bisa kamu terapkan. Mungkin teman-teman ada yang punya tips menarik lainnya yang belum aku sebutkan, boleh banget tulis di kolom komentar agar kita bisa sharing bareng. Jangan lupa buat baca terus ceritaku selama 30 hari ke depan dalam tantangan BPN Ramadhan 2020 ya! 


0 komentar :

Posting Komentar