Rabu, 10 Januari 2018

Tempat Ternyaman untuk Menulis Part 1



Dalam menulis buku, tempat menulis menjadi salah satu faktor eksternal yang akan menentukan mood ketika menulis. Setiap orang pasti memiliki tempat ternyaman untuk menulis masing-masing, ada yang sangat suka dengan keramaian, ada juga yang mencintai suasana yang sunyi (aku banget :D). Jadi, tulisan ini adalah data yang aku survei ke beberapa rekan penulis kemudian aku kerucutkan menjadi versiku sendiri. Kalian juga boleh nambahin lho.

Menulis pada dasarnya adalah aktivitas panjang yang sebenarnya melelahkan, entah itu menulis blog, buku, maupun artikel. Tidak hanya membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan tulisan, menulisjuga akan menyita banyak energi dalam melakukan pengumpulan dan pemetaan terhadap data yang kita punya. Selain itu, kita juga perlu mengumpulkan mood yang baik ketika menulis. Artinya faktor internal (mood) juga akan berdampak pada kualitas tulisan yang dibuat.

Cara Efektif Menulis Esai

Ketika mood sedang tidak baik, maka kesannya terpaksa ketika menulis. Kondisi ini pada akhirnya akan berdampak pada keruntutan tulisan yang dibuat. Bisa jadi, ada beberapa bagian yang kemudian tidak konsisten akibat mood buruk yang dipaksakan untuk terus menulis. Di sisi lain, mood pada dasarnya juga tidak hanya dipengaruhi oleh diri sendiri, tetapi juga ada faktor lain yang mempengaruhi mood.

Satu diantara faktor eksternal yang tidak kalah penting yaitu tempat untuk menyelesaikan tulisan kita. Tidak sedikit orang yang mengakui bahwa tempat menjadi pertimbangan penting ketika mereka ingin menulis buku. Hal penting lain yang perlu diketahui yaitu setiap orang pada dasarnya memiliki kriteria tempat yang nyaman untuk menulis (sama seperti yang aku katakana di pengantar). Ada sebagian orang yang lebih suka menulis di tempat yang cenderung sepi, tetapi ada juga mereka yang lebih suka menulis di tempat yang ada banyak orang di sekelilingnya.

 Fenomena ini wajar kok, karena pada dasarnya setiap orang memiliki seleranya masing-masing. Apabila tempat yang diinginkan tersebut bisa membuat nyaman, maka hal tersebut secara tidak langsung juga akan berdampak pada mood yang dibangun. Ketika mood tersebut pada titik yang baik, maka proses pengerjaan tulisan juga akan semakin baik. Kondisi tersebut pada akhirnya akan menghasilkan tulisan yang berkualitas.
Berkaca dari hal tersebut, beberapa tempat yang bisa digunakan untuk mengerjakan tulisan yang ingin dibuat.

Perpustakaan


Perpustakaan menjadi tempat yang bisa jadi nyaman untuk dijadikan referensi dalam mengerjakan project menulis. Adapun perpustakaan yang dimaksud bisa berarti perpustakaan daerah ataupun kampus. Hal tersebut menjadi cocok untuk dijadikan tempat menulis karena fasilitas yang ada di dalamnya. Selain biasanya menyediakan fasilitas wifi, perpustakaan juga menawarkan fasilitas ruangan yang nyaman untuk ditempati.

Suasana yang cenderung kondusif dan tidak ramai menjadi salah satu pertimbangan mengapa perpustakaan menjadi tempat yang layak untuk dijadikan referensi. Meskipun demikian, perpustakaan tidak bisa memberikan waktu yang relatif lama bagi pengunjungnya. Dengan kata lain, tidak bisa mengerjakan berbagai pekerjaan di perpustakaan hingga larut malam. Tidak sedikit perpustakaan yang hanya buka sampai sore hari. Oleh karena itu, tempat ini memiliki kekurangan pada aspek ketersediaan waktu yang ditawarkan kepada pengunjung.

Taman


Taman adalah tempat menarik untuk dikunjungi. Biasanya taman digunakan sebagai tempat untuk refreshing atau menghabiskan waktu, baik di pagi ataupun sore hari. Di beberapa negara maju, seperti di Eropa, taman menjadi tempat favorit yang bisa digunakan untuk mengerjakan tugas para mahasiswa. Tidak sedikit orang-orang yang melakukan aktivitas menulis buku di tempat ini pula. Hal itu tidak dapat dilepaskan dari sifat taman itu sendiri yang cenderung sejuk dan teduh sehingga membuat pengunjung yang datang merasa cukup nyaman untuk menghabiskan waktu. Selain itu, taman dengan pemandangan yang indah juga akan memberikan inspirasi tersendiri ketika menulis. Artinya, kita akan bisa menemukan banyak inspirasi di tempat seperti taman dengan pemandangan yang indah. Di Indonesia pada dasarnya masih belum banyak taman yang nyaman untuk dijadikan tempat untuk menulis. Namun di beberapa kota besar kini mulai muncul taman-taman yang cukup nyaman.

Café


Tempat lain yang juga menarik untuk dijadikan referensi adalah café. Hayoo, siapa yang ngaku anak cafe? Setiap café biasanya memiliki corak yang berbeda. Artinya ada café-café yang memang dikhususkan bagi mereka yang ingin menjadikannya sebagai tempat untuk mengerjakan berbagai pekerjaan, khususnya dalam hal menulis atau mengerjakan tugas. Café menjadi tempat referensi menarik karena sifat tempatnya yang cenderung nyaman dan santai. Artinya tempat tersebut tidak terlalu formal dan memang diperuntukkan bagi mereka yang ingin ‘ngobrol’ santai atau sekadar mengerjakan tugas. Selain itu, setiap café biasanya juga memiliki fasilitas yang menunjang seperti wifi ataupun menu makanan dan minuman yang ditawarkan. Bahkan ada beberapa café yang memang dibuka dalam waktu 24 jam sehingga memungkinkan orang untuk mengerjakan tugas hingga larut malam. Fasilitas itulah yang kemudian menunjang aktivitas ketika mengerjakan sesuatu.



Tepi Pantai


Tepi pantai terkadang memang sering digunakan untuk menghasilkan suatu karya karena pemandangan yang bagus dan terdapat ketenangan di sana. Kita bisa melihat arus laut yang tiba-tiba perlahan dan tiba-tiba tinggi tak terduga. Di situlah puncak inspirasi didapatkan. Angin yang sepoi-sepoi juga membuat pikiran relax dan nyaman. Indonesia sebagai negara maritim/bahari sangat banyak menyediakan pantai di setiap daerah. Kalian bisa mencobanya.

Ruang Tidur

Tempat terakhir yang bisa dijadikan referensi untuk menulis buku adalah Ruang Tidur. Ruang Tidur pada dasarnya bisa menjadi pilihan pertama dan sekaligus terakhir yang bisa digunakan untuk mencari kenyamanan dalam menulis. Tidak sedikit orang yang mengakui bahwa tempat ternyaman untuk menulis adalah di Ruang Tidur sendiri. Suasana yang sudah biasa Anda hadapi menjadi alasan kuat mengapa Ruang Tidur menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan tempat ketika menulis buku. Ketika Anda sedang melakukan aktivitas menulis, Ruang Tidur pada dasarnya juga menyediakan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan seperti internet (bila Anda memasang), makanan, dan minuman. Anda bisa juga bisa menentukan berbagai hal yang ingin Anda lakukan di Ruang Tidur yang membuat Anda semakin nyaman untuk melakukan aktivitas kepenulisan. Oleh karena itu, banyak orang yang menyelesaikan pekerjaannya di Ruang Tidur/rumah daripada di kantor.

Kiat Menulis Bebas

Untuk membuat tempat menulis semakin nyaman, maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah merapikan tempat kerja Anda sendiri. Akan menjadi lebih menyenangkan apabila Anda memiliki ruangan kerja sendiri di dalam Ruang Tidur. Ruangan kerja tersebut tentu akan difungsikan untuk tempat menulis buku. Bahkan jika bisa mendesain ruangan sesuai dengan selera masing-masing, mulai dari warna cat hingga berbagai aksesoris yang membuat nyaman. Apabila tempat kerja berada di dalam kamar sendiri, kita juga pada dasarnya bisa mendesain kamar sesuai dengan keinginan. Rumah sebagai tempat tinggal justru bisa ubah sesuai dengan keinginan dalam rangka menunjang kinerja dalam menghasilkan tulisan. Dengan demikian, akan bisa selalu terpacu untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas karena mood  juga akan dipengaruhi oleh tempat kita berada.

So, dimana tempat ternyamanmu dalam menulis?


0 komentar :

Posting Komentar