Thursday, 11 January 2018

Tips dan Cara Naik Pesawat untuk Pemula

Ganti dengan “

sumber dokumen pribadi
Takut mesin pesawatnya rusak, takut jatuh, duh… takut deh naik pesawat!

Apakah kalian pernah berpikir demikian kemudian membatalkan berkali-kali jadwal traveling? Hemm, sama saya juga pernah berpikiran seperti itu. Eittsss, tapi itu dulu. Bagi beberapa orang traveling menggunakan pesawat terbang adalah hal yang biasa. Tapi, bagi mereka yang belum pernah sama sekali mencoba naik transortasi ini, naik pesawat menjadi sesuatu yang luar biasa.

Cara naik pesawat untuk pertama kali sangat mudah kok, asal kita tidak panik duluan. Beberapa waktu lalu saya pertama kali Trip ke Padang sendirian dan itu adalah pengalaman naik pesawat pertama kali saya. Jadi, di sini saya akan berbagi sedikit pengalaman dan tips naik pesawat pertama kali kepada kalian semua.

Sangat lumrah jika awalnya merasa bingung, terutama bagi kalian yang belum pernah mengurus keberangkatan sendiri. Ada baiknya memperhatikan langkah-langkah cara naik pesawat sesuai prosedur, karena memang ada beberapa tips yang perlu dilakukan sebelum sampai di pesawat, mulai memesan tiket, check in, hingga di dalam pesawat dan akhirnya sampai di tempat tujuan.

Nah, karena itu saya akan memberikan sedikit tips untuk kalian.

      1.      Pesan Tiket dan Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Pembelian tiket saat ini rata-rata bisa dilakukan secara online. Saya sendiri kemarin memakai Traveloka, dan syukurnya taka da kesulitan hingga tiket saya terima. Sebaiknya kamu melakukan pembelian tiket jauh-jauh hari sebelum hari-H keberangkatan, agar kamu bisa survei harga termurah dengan maskapai yang terpercaya. Meski harga tiket yang dibeli secara online, biasanya belum termasuk pajak sebesar 10 persen.



Caranya hampir sama di semua aplikasi pembelian tiket, yaitu kamu tinggal mengisi formulir pemesanan, lalu setelah kamu melakukan pembayaran (via transfer bank, m-banking, dll) tiket akan dikirimkan ke e-mail berikut kode booking-nya, gunakan kode ini untuk mencetak boarding pass (tiket pesawat) saat check in di bandara.

Jual Tiket Pesawat, Ini 4 Ciri-ciri Situs yang Aman!


    2.      Cari tahu kebijakan masing-masing maskapai mengenai minimal kuota bagasi

Setiap maskapai memiliki kebijakan masing-masing mengenai batas bagasi gratis. Hal ini penting agar menghindarkanmu dari kewajiban membayar ekstra akibat bagasi berlebih.

Namun jika keadaan mengharuskanmu membawa barang bawaan yang cukup banyak, maka kamu perlu memastikan agar nggak melebihi kuota bagasi. Biasanya, kuota minimal bagasi yang disediakan sebesar 15-20 kilogram, tapi umumnya 20 kilogram, lebih dari itu maka akan dikenai biaya tambahan. 

Tips dari saya, sebaiknya bawa satu koper dan satu tas kecil untuk menjaga dompet, handphone, dan barang-barang penting lain. Jika koper dirasa kecil bisa masuk ke bagasi kabin pesawat. Namun jika besar, masukkan bagasi pesawat.

      3.      Datang minimal  1 jam sebelum waktu keberangkatan

Biasakan datang ke bandara satu sampai dua jam sebelum waktu keberangkatan yang tertera dalam tiket pesawatmu. Saat tiba di bandara, kamu harus memasuki terminal yang sesuai nama maskapai yang akan kamu naiki. Pengalaman buruk saya yaitu, karena macet saya datang mepet sekali dengan jam keberangkatan. Saya datang 10 menit sebelum jadwal keberangkatan, untungnya sudah check in online sehingga tinggal ambil boarding pass. Tapi, sekali lagi jangan datang mepet, karena akan membuat panik kemudian lari kesana-kemari, belum lagi jika antrean panjang, kamu bisa ketinggalan pesawat.

Saat akan memasuki terminal tujuan, tunjukkan e-tiket atau print out tiket elektronik kepada petugas. Biasanya juga akan dilakukan pemeriksaan keamanan dengan metal detector untuk barang bawaanmu. Lantas segeralah beranjak untuk mengurus keperluan lainnya.

      4.      Check-in sesuai dengan nama maskapai untuk mendapatkan boarding pass

Check-in merupakan prosedur resmi di mana pihak maskapai mencatat setiap penumpang yang datang ke dalam data penerbangan. Barang yang kamu bawa juga akan ditimbang sebelum masuk bagasi, siap-siap membayar lebih jika ternyata bawaan kamu melebihi kuota.

Dalam proses check-in, kamu akan diberikan boarding pass yang berisi informasi mengenai nomor penerbangan, nomor kursi di pesawat, termasuk nomor gate (pintu) keberangkatan sebagai tanda masuk ke dalam pesawat. Setelahnya, kamu akan diminta membayar airport tax sesuai tarif yang berlaku. Beberapa maskapai nggak memberlakukan sistem ini, karena tarif tersebut sudah digabung dengan harga tiket.

     5.      Masuk ke gate sesuai yang tertera dalam boarding pass

Ruang tunggu untuk masuk pesawat ini biasanya dipisahkan berdasarkan pintu. Sebelum memasuki ruang keberangkatan, lagi-lagi kamu harus melalui proses pengecekan barang dan pemeriksaan keamanan. Copot saja benda logam seperti jam tangan,jaket juga biasanya disuruh lepas dan ikut masuk mesin.

Setelah melewati pemeriksaan yang agak ribet tadi, pastikan kamu menunggu di area gate yang tepat karena nantinya kamu akan masuk ke pesawat hanya melalui pintu ini. Nomor gate tertera di boarding pass atau bisa juga ditemukan di papan pemberitahuan. Kamu bisa mencocokkan nomor pesawat dengan nomor gate. Di papan ini, kamu juga bisa mengetahui jam keberangkatan dan juga status pesawat.

     6.      Selalu dengarkan pengumuman mengenai status pesawat

Pastikan lagi mengenai status pesawat yang akan kamu naiki. Selain dengan melihat papan pengumuman, kamu juga wajib mendengarkan setiap pengumuman yang disampaikan oleh customer service. Jika kamu nggak yakin, coba tanyakan ke orang yang ada di sebelahmu, apakah dia akan naik pesawat yang sama.

Setelah mencocokkan nama di kartu identitas dengan di boarding pass, kemudian boarding pass akan disobek oleh petugas. Beberapa diambil petugas, sisanya dapat disimpan. Jangan lupa, potongan-potongan nomor tas bagasi jangan sampai terambil oleh petugas.

10 Tips Liburan Hemat yang Wajib Dicoba


      7.      Masuk ke dalam pesawat dengan tertib

Carilah tempat duduk sesuai nomor pada boarding pass. Letakkan bawaan kamu di kompartemen di atas tempat duduk dengan rapi. Biasakan untuk langsung memakai sabuk pengaman dan duduklah dengan tenang.

     8.      Perhatikan awak pesawat yang memberikan petunjuk keselamatan

Di dalam pesawat, kamu akan diminta mematikan ponsel agar nggak mengganggu sistem navigasi pesawat. Selain itu, kamu akan diminta kenakan sabuk pengaman seperti yang diperintahkan. Perhatikan demo keselamatan penerbangan yang diperagakan oleh awak kabin.

   9.      Tetap dengarkan pengumuman yang disampaikan awak pesawat tiap beberapa menit
sumber Wira Angkasa Akademi


Meskipun sudah berada di dalam pesawat, kamu tidak boleh lengah. Tetap dengarkan pengumuman dari awak kabin. Biasanya jika memasuki cuaca yang kurang baik, kita disarankan kembali mengenakan sabuk pengaman. Pokoknya, dengarkan saja siapa tahu ada pengumuman yang penting terkait keselamatan kita.

      10.  Menuju tempat pengambilan bagasi

Kalau kalian membawa bagasi, segera menuju tempat pengambilan bagasi di bandara tujuan. Waspadalah saat kalian berada di area Baggage Claim. Banyak kasus pengrusakan dan kehilangan bagasi. Seperti resleting tas penumpang yang dirobek meskipun telah digembok dan barang berharganya hilang.
sumber gambar'detik.com

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar menghindari kehilangan bagasi saat traveling menggunakan pesawat. Utamanya jangan pernah menyimpan barang berharga di dalam bagasi pesawat kecuali dibawa ke dalam kabin pesawat.

Ada juga petugas bagasi yang melempar bagasi dan kardus penumpang tanpa hati-hati. Padahal yang dilempar itu adalah barang fragile yang berisi benda-benda yang mudah pecah dan menuntut perlakuan yang lebih hati-hati. (Mintalah stiker bergambar gelas retak dengan warna dasar merah sebelum boarding untuk menghindari hal ini).

Sesudah semua barang di bagasi diambil, cek kembali kondisi barang bawaan baru meninggalkan bandara. Jika ada bagasi yang hilang atau rusak, pergi ke bagian Lost and Found untuk melaporkan kehilangan. Kalau tidak ada masalah, berikan potongan baggage claim tag kepada petugas saat keluar pintu bandara. Meskipun kadang ini juga tidak diminta.

Yeeeyy, setelah melakukan 10 cara naik pesawat untuk pemula kamu akan sampai di tempat tujuan dengan selamat. Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan menghapus rasa khawatir kalian untuk naik pesawat saat traveling ya.


0 comments :

Post a Comment