Minggu, 10 Maret 2019

Penyebab Sakit Pinggang Saat Masa Hamil

Credit: halosehat.com



Kehamilan adalah suatu hal yang selalu ditunggu-tunggu oleh siapa saja. Hal ini benar adanya, terutama untuk para pasangan muda. Berbagai cara pun siap dilakukan untuk mempercepat proses kehamilan, seperti mengikuti program yang diadakan oleh ahlinya ataupun dengan rutin berolahraga. Merubah pola makan menjadi lebih sehat juga merupakan cara yang tepat untuk mempercepat proses kehamilan.


Setelah kehamilan tiba, tidak jarang juga kita akan menemui beberapa masalah yang mungkin terjadi selama masa ini. Mual, mood yang cepat berubah, ataupun mudah lelah merupakan beberapa hal yang biasa  kita temui selama masa kehamilan. Lalu  bagaimana dengan sakit pinggang saat hamil? Apakah kalian sering mendengar tentang masalah yang satu ini? sebenarnya apa sih yang menyebabkan sakit pinggang saat hamil? Apakah permasalahan ini merupakan hal wajar selama kehamilan? Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil?  Nah daripada tambah penasaran, yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

Siapa Sih yang Bisa Mengalami Sakit Pinggang Saat Hamil?


Sakit pinggang saat hamil adalah suatu keadaan yang umum, bahkan bisa dibilang hampir dialami oleh semua ibu hamil. Meskipun termasuk dalam suatu hal yang wajar, ketika sakit pinggang saat hamil ini tidak segera diatasi maka lama kelamaan pun akan mempengaruhi aktivitas seorang ibu. Kita juga tidak boleh menyepelekan sakit pinggang saat hamil, karena bisa jadi hal ini menjadi pertanda suatu permasalahan yang serius.

Sakit pinggang saat hamil ini biasa dialami ketika ibu hamil memasuki masa trimester pertama masa kehamilan. Selain itu, kenaikan berat badan ibu yang massa-nya mencapai lebih dari 25 juga berisiko mengalami sakit pinggang saat hamil. Selain itu, ibu yang juga memang memiliki riwayat sakit pinggang sebelumnya juga lebih berisiko mengalami permasalahan ini. Bisa juga sakit pinggang saat hamil ini sebagai tanda dari seorang ibu mengalami osteoporosis. Sayangnya, sakt pinggang ini tentu saja akan mengganggu aktivitas ibu sehari-hari sehingga tidak bisa beraktivitas dengan optimal. Tidak jarang juga ibu akan mengeluhkan tidak merasa nyaman ketika tidur malam.


Penyebab Sakit Pinggang Saat Hamil


Lalu apa sih sebenarnya yang menyebabkan sakit pinggang saat hamil? Penyebab sakit pinggang saat hamil antara satu ibu dengan ibu lainnya bisa berbeda. Mengetahui penyebab sakit pinggang saat hamil bisa membuat kita menghindari pemicu ini di masa mendatang. Nah berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sakit pinggang saat hamil:

  • Kenaikan berat badan
Kenaikan berat badan selama kehamilan adalah suatu hal yang wajar. Bahkan apabila kita tidak mengalami kenaikan berat badan pun perlu dicurigai karena bisa jadi merupakan pertanda yang buruk. Idealnya kenaikan berat badan ibu hamil berkisar antara 12,5 hingga 17,5 kilogram. Terjadinya kenaikan berat  badan ini tentu saja akan mempengaruhi postur tubuh. semakin besarnya rahim ibu juga akan menyebabkan pekenan pada pembuluh besar. Hal ini lah yang sering kali menyebabkan sakit pinggang karena letak saraf yaang berdekatan dengan tulang punggul dan panggul.

  • Perubahan hormon tubuh
Perubahan hormon selama masa kehamilan adalah suatu hal yang wajar dan bisa dibilang hampir dialami oleh semua ibu. Salah satu hormon yang produksinya terus meningkat selama  masa kehamilan adalah hormon relaksin. Hormon yang satu ini berfungsi untuk merileksasi ligamen di daerah panggul dan menyebabkan daerah persendian menjadi lebih longga. Sayangnya, hormon relaksin ini juga akan menyebabkan ligamen menjadi lebih longgar. Hal ini lah yang membuat timbulnya rasa nyeri pada daerah punggung.

  • Perubahan postur tubuh
Ketika kita hamil, sering kali postur tubuh akan mengalami perubahan seiring dengan bertambah besarnya kehamilan kita. hal ini lah yang membuat kita sering kali menyesuaikan cara duduk, berdiri, dan bergerak yang baru. Tanpa disadari, justru hal ini lah yang membuat sakit pinggang bisa muncul.

Cara Mengatasi  Sakit Pinggang Saat Hamil

Credit: popmama.com

Nah bagaimana? Pastinya sekarang sudah menjadi lebih paham kan mengenai apa saja yang bisa menjadi pemicu timbulnya sakit pinggang saat hamil? Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi permasalahan yang satu ini? Kabar baiknya, untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil pun tidak lah sesulit seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit pinggang saat hamil yang bisa kita lakukan sewaktu-waktu:

  • Berolahraga secara teratur
Olahraga adalah salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan meskipun kita sedang hamil. Olahraga yang perlu dilakukan pun hanya olahraga yang ringan. Contohnya saja kita bisa  melakuka olahraga yang berpusat pada otot pinggang, perut bawah, ataupun kaki.

  • Tidur dengan posisi yang nyaman
Tidak jarang ibu hamil mengeluhkan tidak bisa tidur dengan nyaman saat malam hari. kabar baiknya, mulai saat ini kita tidak lagi perlu mengeluhkan hal yang satu ini. Kok bisa? Yup,  salah satu posisi ternyaman tidur untuk ibu hamil adalahh dengan miring ke samping. Bisa juga kita meletakkan bantal di bawah perut dan belakang punggung. Bantal akan berfungsi  sebagai penyangga punggung dan membuat kita tidak akan mudah pegal.

  • Menghindari duduk dalam jangka waktu yang lama
Hal yang satu ini merupakan hal yang sering dilupakan ketika beraktivitas. Untuk itulah kita harus mengatur durasi duduk atau berbaring sehingga tidak mengalami sakit pinggang saat hamil.

Nah bagaimana?  Pastinya sekarang sudah lebih paham kan mengenai apa saja yang memicu timbulnya sakit pinggang saat hamil? Jangan lupa untuk menjaga kesehatan selama hamil agar janin pun tetap sehat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian ya!


18 komentar :

  1. Jadi flashback ke masa-masa hamil..hehehe.. Emang gak enak banget kalau sakit punggung.. Gak cuma punggung, segala sendi, ngilu dan lain sebagainya..makanya bumil itu gede banget pahalanya ya mbak..

    BalasHapus
  2. kalau sakit pinggang karena haid aku sudah pernah rasain. entah gimana rasanya sakit pinggang karena hamil.

    BalasHapus
  3. Iya, memang mbak g hanya sakit pinggang saja yang dirasa, tapi memang harus dinikmati biar pada saat jadi bumil happy

    BalasHapus
  4. wah begitu ya, saya belum hamil aja sering sakit pinggang, wkwkwk. dari jaman dulu kuliah sampe kerja itu sakit pinggang, ampun2 kalau kebanyakan duduk. semoga nanti saya hamil sakit pinggangnya gak keterlaluan deh, hehe. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  5. bisa juga pas tidur pakai bantal menyusui yang bentuknya U gitu mbak. Bisa banget untuk tidur yang lebih nyaman plus meringankan sakit pinggang

    BalasHapus
  6. Makasih mba tipsnya, Alhamdulillah selama hamil saya gak pernah sakit pinggang... paling seringnya nyeri punggung sama perut bagian depan

    BalasHapus
  7. Idem mba, dan rasanya enggak nyaman memang. Disamping, bawa badan aja rasanya udah berat, tapi itulah nikmat yang sebenarnya ya mba. Bahkan, dibaliknya ada pahala yang senantiasa mengalir atas kesabaran kita saat hamil. Ahh, jadi kangen hamil lagi ehh hahaha

    BalasHapus
  8. Waktu hamil aku mengalami sakit pinggang dan tidur yang tidak nyaman. Alhamdulillah, semuaaya bisa dilewati.

    BalasHapus
  9. Terkadang, perubahan saat hamil membuat kita melupakan olahraga. Padahal, meski hamil, olahraga tetap penting. Tentu saja, dengan memperhatikan kondisi kehamilan itu sendiri.

    BalasHapus
  10. baca tulisan mbak anggi ini jadi inget semasa kehamilan pertama dan kedua, dan memang aku pun mengalami sakit pinggang ini mbak. Aku disebabkan kenaikan berat badan, selesai lahiran masih suka kerasa siy sakitnya

    BalasHapus
  11. Masya Allah ya pengorbanan seorang ibu. Dari hamil aja sudah nano-nano rasanya, tambahan lagi pas lahiran & menyusui + merawat tumbuh kembang anak. Luar biasa kita kaum perempuan.

    BalasHapus
  12. Saya pernah mengalami ini saat hamil mbak. Rasanya memang tidak nyaman 😊. Salah satu cara mengatasinya saat itu adalah merilekskan badan pada posisi yang membuat nyaman.

    BalasHapus
  13. Enggak cuma pinggang bahkan punggung sampai2 nulis di hape sambil tidur mb wkkk

    BalasHapus
  14. Ini yang lagi saya alami nih. Seharian tiduran terus. Sakit sampai berdiri sebentar saja terasa capek luar biasa.

    Duduk akhirnya pakai bantal duduk biar empuk dan ngurangi sakit.

    BalasHapus
  15. Boleh nih jadi tabungan ilmu buat saya. hehehe.
    Terutama poin duduk yg lama.

    BalasHapus
  16. saya dulu pas hamil juga sakit pinggang gini. tapi karena nggak paham solusinya apa dan katany itu biasa ya, setiap sakit pinnggang hanya bisa baring saja. thanks sharingnya, mbak.

    BalasHapus
  17. Hihi...bgi yg pernah hamil ya semua mengalami. Bgi yg blm hamil skit pas menstruasi ya. Thx mb untuk tips nya...

    BalasHapus
  18. Jadi ingat waktu hamil pertama kali kemarin, baru ngerasain sakit pinggang ini setelah masuk trimester dua dan makin bertambah sakitnya setelah kandungan juga makin gede. Tapi alhamdulillaah keluhan eh maksud saya kenikmatan sakit pinggang itu bisa terlewati.

    BalasHapus