Rabu, 02 Oktober 2019

Sudahkah Kebutuhan Air Minum Kamu Terpenuhi? Pahami Dulu Jenis dan Manfaat AMDK!



Saya sangat beruntung dapat mengikuti acara Hydration Talk Danone Aqua di Hotel JW Marriot, kemarin (30/9/2019). Dalam acara ini dikupas tuntas tentang jenis dan manfaat air minum dalam kemasan (AMDK) untuk pemenuhan hidrasi sehat. 

Sebenarnya kesadaran terhadap kebutuhan air minum untuk kesehatan tubuh telah ada dalam diri masyarakat. Namun untuk membawa tumbler berisi air minum saat bepergian dirasa hal yang tidak umum. Bahkan sebagian lagi menganggap hal ini sebagai kerepotan tersendiri. Sehingga banyak yang memilih beli air minum dalam kemasan di luar.

Air menjadi salah satu zat makro esensial dan berperan penting dalam fungsi fisiologis tubuh, karena berbagai organ dalam tubuh seperti ginjal, otak, dan otot mengandung 70-80% air dan kurang lebih 50-60% tubuh kita tersusun dari air.

Air mineral adalah AMDK yang memenuhi standar SNI yakni dengan jumlah pH antara 6,5-8,5 dan air minum tersebut mengandung mineral-mineral alami dalam jumlah tertentu. Seperti natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium dan silica yang manfaatnya besar untuk tubuh.

Air Mineral yang Layak Dikonsumsi Yaitu:

credit: pixabay.com
  • air yang tidak berwarna,
  • tidak berbau,
  • tidak berasa dan
  • tidak mengandung zat berbahaya
  • Pastikan juga kemasannya bersih, tanggal kadaluwarsa jelas dan kode produksi pada kemasan sama dengan tutup kemasan.

Tipe-Tipe Air Minum dalam Kemasan (AMDK)

credit: pixabay.com

  • Air mineral : Air yang mengandung mineral alami dengan pH 6,5-8,5 tidak ada zat tambahan lain
  • Air Demineral :Ada proses pembuatannya dengan cara destilasi / reserve osmosis / deionisasi. Ph 5,0-7,5
  • Air Beroksigen : Proses pembuatannya dengan mencampur AMDK + Oksigen (O20) pH 6,5 -- 8,5 untuk air mineralnya 50-0,75. Sedangkan untuk demineral air oksigen dengan kadar 50,75-7,5.
  • Air Alkali : Proses pembuatannya dengan elektrolisis atau penambahan garam. Dengan pH 8,5-9,97

Ada juga air minum dalam kemasan yang berperisa, ini bukan termasuk air minum untuk pemenuhan hidrasi tubuh, namun hanya refreshment saja. Jadi, pemenuhan air minum yang baik dan sehat sebaiknya konsumsi air mineral dengan kadar pH yang direkomendasikan yaitu sebesar 6,5-8,5.

Tipe-tipe air minum dalam kemasan di atas dapat dijadikan acuan saat kamu memilih air minum yang sehat setiap harinya. Disarankan jangan mudah percaya akan klaim brand  yang mengatakan bahwa air A dapat menyembuhkan kanker, detoksifikasi, meningkatkan pH darah.


Dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK (Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia) mengatakan bahwa, “Minum air sangat penting selain asupan nutrisi untuk tubuh. Dengan minum air 8 gelas per hari, dapat mencegah dehidrasi yang dapat mengakibatkan penyakit jangka pendek seperti penurunan konsentrasi, mudah lelah, sembelit dan penurunan kemampuan visual dalam beberapa saat.”

Kebutuhan Air Minum Berbeda
  • Dewasa
Orang dewasa membutuhkan 7-8 gelas sehari atau setara 1,8 liter – 2 liter
  • Anak-Anak
Kebutuhan air minum anak-anak 4-12 tahun yakni 6 gelas sehari atau setara 1,2 liter. Usia > 12 tahun sama dengan dewasa.
  • Ibu Hamil
Kebutuhan ibu hamil +1 gelas per hari atau 9 gelas atau ditambah 300 ml
  • Ibu Menyusui
Kebutuhan ibu menyusui justru lebih banyak lagi yakni +3 gelas atau ditambah 700 ml
  • Pekerjaan Ringan
Bagi orang yang kerjanya ringan seperti duduk di depan laptop hanya membutuhkan sekitar 7-9 gelas/hari
  • Pekerjaan Berat
Bagi orang yang kerjanya cukup berat seperti kuli bangunan mereka membutuhkan sekitar 13-14 gelas/hari

Oleh karenanya, hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan sebab dapat berpengaruh terhadap kesehatan, kebugaran, serta kinerja seseorang.

“Minum air yang cukup sangatlah penting untuk keseimbangan pengaturan proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk sel, pelumas sendi dan bantalan organ tubuh, media transportasi zat energi dan sisa metabolisme.”

Untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, Air Minum dalam Kemasaan (AMDK) menjadi salah satu pilihan masyarakat. Dengan banyaknya jenis AMDK yang dijual di pasaran saat ini, tidak banyak masyarakat yang memahami perbedaan dan manfaat pada setiap jenisnya.


Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr.dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK mengatakan, AMDK merupakan produk yang diatur secara ekstensif karena mempunyai peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat.

Dari berbagai jenis air minum yang dipasarkan di Indonesia, hanya 4 jenis air minum dalam kemasan yang dibahas lebih lanjut dalam acara Hydration Talk DANONE AQUA kali ini, yaitu air mineral, air demineral, air oksigen dan air alkali (pH tinggi).

"Air mineral mengandung mineral-mineral dalam jumlah tertentu tanpa menambahkan mineral, sesuai dengan yang diatur dalam SNI yang berlaku. Dalam air mineral terdapat kandungan natrium, kalsium, zinc, florida, magnesium, kalium, dan silica yang dibutuhkan oleh tubuh,” katanya.

Manfaat Air Minum

manfaat air minum
  1. Menjaga kadar cairan dalam tubuh sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  2. Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi agar tetap lentur (lubrikan sendi)
  3. Membantu mengendalikan asupan kalori dimana minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan.
  4. Menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut.
  5. Menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit.
  6. Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
  7. Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine, dan kotoran.


Dampak Dehidrasi

dampak dehidrasi
dampak dehidrasi
  • Mulai cemas dan tegang
  • Konsentrasi menurun
  • Daya ingat visual sesaat menurun
  • Mudah mengantuk dan lelah
  • Sedangkan efek dari dehidrasi untuk penyakit jangka panjang yaitu penyakit ginjal, batu ginjal kronis, infeksi saluran kemih hingga kegemukan.



Selain manfaat dari tercukupinya kebutuhan hidrasi, untuk jenis air demineral, air alkali, maupun air dengan tambahan kandungan oksigen, masih memerlukan dukungan kajian ilmiah lebih lanjut untuk mengetahui bahwa jenis-jenis air tersebut dapat memberikan manfaat kesehatan lain, misalnya detoksifikasi, menyembuhkan kanker, tumor dan sebagainya.


Pemahaman di tengah masyarakat bahwa air dengan pH tinggi dapat menstabilkan kadar pH tubuh, menangani tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, serta mencegah penyakit kanker, hingga saat ini klaim tersebut masih perlu dibuktikan secara ilmiah.

Mitos dan Fakta Seputar Tipe AMDK

  • Mitos: Air beroksigen dapat tingkatkan performa fisik
  • Fakta: Asupan Air Demineral jangka panjang tidak dianjurkan
  • Mitos: Asupan Air Demineral dapat turunkan berat badan
  • Fakta: Air Alkali tidak meningkatkan pH darah


“Danone-AQUA terus berkomitmen bersama berbagai pihak, termasuk bersama dengan IHWG dan Universitas Indonesia, serta mengajak pula beberapa universitas lain di Indonesia untuk terus memberikan edukasi dalam membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat di Indonesia, jelas Hydration Science Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), dr. Tria Rosemiarti.

Nah, bukan hanya kamu saja yang kini lebih ‘melek’ pentingnya kebutuhan air minum terhadap kesehatan tubuh, tapi saya juga akhirnya ditampar kalau selama ini kebutuhan air minum masih kurang. Sehingga setelah ini saya harus giat minum karena bekerja sambil duduk di depan laptop sepanjang hari. Cara saya agar selalu ingat dibantu juga dengan aplikasi yang bisa mengingatkan minum tiap 15 menit sekali.



Acara Hydration Talk Danone Aqua ini sangat bermanfaat dan semoga acara yang demikian selalu ada tiap tahun agar semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kecukupan minum air mineral setiap hari. So, sudahkah kamu mencukupi kebutuhan air minum untuk pemenuhan hidrasi sehat?





0 komentar :

Posting Komentar