Minggu, 17 Mei 2020

Masih Ragu, Inilah 11 Tips Mudah Menulis Cerpen Buat Kamu!


sumber: pixabay.com

Kegiatan menulis cerpen memang sangat bermanfaat, terutama bagi Kamu yang ingin mendokumentasikan berbagai hal. Seperti membuat dokumentasi tentang cerita perjalanan, cerita perjuangan untuk menggapai cita-cita, dan berbagai cerita lain yang perlu dikenang.

Banyak orang ingin memulai menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman pribadi, maupun hanya imajinasi. Banyak ide-ide yang terkumpul untuk segera dituang dalam bentuk tulisan, namun tidak semua orang mampu menuliskan apa yang ada dalam pikirannya. Lalu apa saja langkah yang harus dilakukan agar mudah mengekseskusi sebuah cerpen?

1. Berkeinginan Kuat

Langkah mudah menulis cerpen yang harus Kamu miliki yaitu adanya tekat dan berkeinginan kuat untuk menjadi seorang penulis. Landasan kemauan menjadi penulis dapat memberikan semangat yang memaksamu untuk terus menulis. Tanpa adanya keinginan kuat, maka semua usaha yang coba kamu bangun mulai dari pengumpulan ide hingga menentukan ending akan berakhir sia-sia.

2. Biasakan Membaca


Untuk menjadi seorang penulis, Kamu harus membiasakan diri untuk membaca. Pastikan Kamu membaca dengan tepat dan bukan hanya sekadar membaca cepat (scanning), tetapi lebih memahami serta menikmati isi dari buku bacaan.
Misalnya Kamu ingin menjadi seorang cerpenis, maka perbanyak membaca cerpen. Pelajari bagaimana penulis-penulis cerpen itu merangkai kata. Selain itu amati pemilihan diksi yang digunakan dalam setiap penulisannya. Bila perlu, Kamu dapat mencatat bagaimana penulis-penulis mengolah rasa dalam setiap tulisannya.  

Masih Males, Ini Lho Tips Meningkatkan Hobi Membaca


Selain membaca banyak cerpen, Kamu juga dapat membaca berbagai genre tulisan. Hal ini bertujuan agar perbendaharaan kata yang Kamu miliki semakin banyak. Sehingga lebih memudahkanmu dalam menemukan ide dan menuangkannya dalam bentuk tulisan.

3. Latihan Menulis


Penulis yang baik adalah penulis yang memulai tulisannya dengan segera

Langkah mudah menjadi penulis selanjutnya agar dapat menjadi penulis yaitu berlatih. Tanpa latihan, Kamu tidak akan dapat menuliskan ide yang Kamu miliki dalam sebuah cerita. Bila hanya dengan membaca Kamu tidak dapat menulis sebuah cerpen, maka Kamu dapat mulai menulis cerita singkat sesuai kemampuanmu.

4. Nikmati Proses Menulis


Proses menulis cerpen menjadi bagian terpenting untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas dan sesuai keinginan. Agar tidak merasa jenuh dan bosan saat menulis, maka jangan merasa terbebani dengan pikiran harus menulis. Namun pikirkanlah bahwa Kamu menikmati setiap waktu dalam menulis. Hal ini dapat memacu semangatmu untuk terus menulis dan mengekspresikan semua pikiran ke dalam tulisan.

5. Perhatikan Kaidah Penulisan

Dalam menulis, pastikan Kamu memerhatikan kaidah penulisan secara tepat. Gunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar terutama penggunaan EBI dalam kalimat aktif, penulisan partikel, penulisan kekerabatan, dan lain sebagainya. Selain itu, perhatikan juga tentang tanda baca secara tepat dan gunakan bahasa singkatan yang mudah dimengerti.

6. Catat Setiap Ide yang Terlintas

Biasakan untuk membawa catatan kecil ke manapun Kamu pergi. Hal ini karena ide dan inspirasi biasanya datang secara tiba-tiba pada waktu yang tidak terduga. Maka dari itu, dengan membawa catatan, Kamu dapat langsung menulis setiap ide dan inspirasi yang terlintas. Selain menggunakan buku catatan kecil, Kamu juga dapat menulis ide melalui ponsel dan menyalin ulang catatan pada buku agar tidak hilang.

7. Tentukan Waktu Menulis

Kak, saya terlalu sibuk untuk mulai menulis cerpen
Kalau begitu kamu bukanlah penulis!

Langkah mudah menjadi penulis selanjutnya yaitu dengan menentukan waktu menulis secara teratur. Gunakan 1 hingga 2 jam dalam sehari di sela-sela aktivitasmu, sehingga Kamu dapat konsisten menulis setiap hari tanpa mengganggu aktivitas harian. Dengan menentukan waktu secara teratur, maka Kamu akan terbiasa menjadi penulis.

8. Pelajari Karakter Setiap Orang


Terdapat beragam karakter dan sifat manusia yang dapat ditulis dalam satu cerita. Agar memudahkanmu dalam menulis karakter cerita, Kamu dapat menjadikan orang yang dikenal sebagai referensi. Apabila Kamu membutuhkan tokoh lembut dan baik dalam cerita, Kamu dapat mencari teman yang memiliki sifat lembut.

Perhatikan intonasi bicaranya, bagaimana gaya bicaranya, dan kesukaannya. Hal ini lebih memudahkanmu dalam mendeskripsikan tokoh dalam cerita yang dibuat. Selain itu Kamu juga dapat menggambarkan kepada pembaca tentang karakter dalam cerita yang Kamu buat.

9. Buatlah Kerangka Karangan

Dalam pelajaran bahasa, membuat kerangka karangan merupakan langkah tepat sebelum memulai menulis sebuah cerita. Buatlah kerangka karangan yang memudahkanmu dalam menulis cerita. Kamu dapat membuat kerangka mulai dari kisah yang akan diceritakan hingga akhir kisah dari cerita yang Kamu tulis.

Teori Menulis yang Tepat untuk Pemula?

10. Berlatih Menulis Dialog Cerpen


Sebuah cerita pendek biasanya dimulai dengan narasi, deskripsi tempat, maupun deskripsi seseorang. Saat berlatih menulis, pastikan Kamu membiasakan diri dengan dialog antar tokoh. Selain itu, dialog yang ditulis juga harus sesuai dengan karakter maupun topik pembicaraan antar tokoh. Dengan sering berlatih menulis, dapat membuatmu terbiasa saat membuat narasi maupun dialog antar tokoh untuk menghidupkan cerita.

11. Mintalah Bimbingan pada Penulis


Dengan meminta bimbingan secara langsung pada penulis, dapat membuatmu lebih mahir dalam menulis cerpen. Kamu dapat menulis satu cerita pendek, kemudian berkonsultasi dengan penulis yang Kamu kenal. Berdiskusilah terkait penulisan, dan mintalah agar naskahmu diedit secara tepat. Cara ini dapat memudahkanmu memahami kekurangan dan kelebihan setiap cerita yang ditulis, sehingga Kamu dapat belajar lebih cepat.

Biasanya saya pribadi mengadakan kelas kepenulisan untuk fiksi maupun nonfiksi. Kamu bisa mengikuti media sosial saya agar dapat mengikuti informasi terkini. Ingatlah, ilmu itu dapat datang dari mana saja. Sedangkan untuk menentukan kamu layak tidaknya menjadi penulis adalah diri masing-masing. Mulai sekarang daripada tidak sama sekali.

Sebagai pemula, pastikan Kamu menerapkan langkah mudah menulis cerpen seperti di atas. Kamu juga harus memelajari tata bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, perluas wawasan dan sering berlatih agar tulisanmu dapat tersampaikan ke pembaca secara tepat. Bagaimana sudah siap menjadi penulis cerita pendek yang handal?

1 komentar :